Kamis, 04 Juni 2009

Cara Bahagia Dalam 30 Detik

Apa yang bisa terjadi dalam 30 detik? Bahkan obat saja tidak bisa bekerja secepat itu. Namun, para ilmuwan dan ekonom sudah mencoba meneliti rasa bahagia yang dialami manusia, dan menemukan beberapa cara untuk meningkatkan emosi seseorang tanpa perlu menimbulkan rasa bersalah. Ini caranya:

1. Bercanda
http://www.antvsports.com/images_variable/bn.JPG
Coba cari cerita lucu, dan ceritakan kepada teman Anda. Survei yang dilakukan oleh para psikolog dari University College, London, menyatakan bahwa mendengarkan orang lain tertawa memicu respons di area otak yang memberi perintah untuk ikut tersenyum.

2. Keluarkan album foto

http://primus.files.wordpress.com/2008/07/album.png
Sebuah survei yang dilaksanakan di Inggris menanyakan para subyeknya bagaimana perasaan mereka sebelum dan sesudah memakan cokelat, menenggak minuman anggur, mendengarkan musik, dan melihat foto orang-orang tercinta. Hasilnya, hanya foto yang memberikan kenaikan cukup signifikan, sekitar 11 persen peningkatan.

3. Pelukan hangat
http://www.conceptionhealth.co.uk/images/romantic-couple.jpg
Penelitian yang diterbitkan oleh University of North Carolina menemukan bahwa para wanita yang memeluk suaminya beberapa kali sehari secara signifikan bertekanan darah lebih rendah ketimbang yang jarang memeluk atau dipeluk suaminya. Studi lain menunjukkan adanya lonjakan reaksi dari otak wanita yang memegang tangan orang yang ia cintai ketimbang orang yang tak ia kenal. Alasan bagus untuk minta dia lebih banyak memeluk Anda, kan?

4. Bersahabat

http://blogs.warwick.ac.uk/images/cooperl/2006/04/09/cats_hugging.jpg
Sebuah studi di Spanyol menemukan bahwa dukungan profesional, termasuk hubungan baik dengan rekan kerja, akan membuat pekerjaan lebih menyenangkan dan bermakna.

Tanpa kita sadari kebahagiaan bisa kita rasakan hanya dalam waktu 30 detik.

0 Comments:

Poskan Komentar