Senin, 04 Juni 2012

Tony Q Rastafara

Tony Waluyo Sukmoasih (populer dengan nama Tony Q atau Tony Q Rastafara; lahir di Semarang, Jawa Tengah, 27 April 1961; umur 51 tahun) adalah seorang penyanyi Indonesia beraliran reggae yang telah aktif di ragam tersebut sejak tahun 1989. Dia bersama grup musiknya Rastafara memopulerkan istilah "rambut gimbal" (gaya rambut dreadlock) di Indonesia lewat lagu dengan judul yang sama pada tahun 1996. Tony Q telah menjadi ikon musik reggae Indonesia. Dia dianggap sebagai pelopor reggae di Indonesia, karena dia tak hanya berkecimpung di ragam tersebut sejak lama, namun juga mengembangkan karakter musik reggaenya sendiri, dimana dia memasukkan banyak unsur tradisional Indonesia ke musiknya, dan mengangkat tema-tema khas Indonesia dalam musiknya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjx7vaQXEKsvKkxas2MfnpyiUS3A68oZmWuQMA0iu9Lb7MxIw0BB9SwKkFlv9xWHSshzhxHDc3xhp5GszWa4EzmWjwGKqpXAV4J8YqZYF8YaINH5dbA4zJwmyHcMx3jLaUpnc3gwH6WOuZT/s1600/tony+q+rastafara_4.jpg

Tony Q adalah seorang lulusan STM Perkapalan di Semarang. Sebelum terjun ke dunia musik, pada tahun 1980 Tony Q pernah bekerja selama enam bulan di bagian quality control (pengendalian mutu) di sebuah pabrik pengalengan milik perusahaan Singapura di Cakung, Jakarta Timur. Namun kemudian dia meninggalkan pekerjaan tersebut dan memilih untuk menjadi pengamen di jalanan dan seorang musisi, menghadapi tentangan keras keluarganya. Dia sempat menjadi pengamen selama lima sampai enam tahun di daerah Blok M, Jakarta.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMhwa2RKFIAuOyyqYU75B9IYASnLveeLq9XyIM6A7aNCJPhDXw65kRjNlKjvpOtbyycGtO_t-IAvvDWAXWj787t2nMfZzrp5RWrHkjhELreFvrNEmkgDLAGVQc4ssMkSNtMzvsYx5mIT6H/s1600/R-4-5-T-4.tony-q-rastafara.jpg

Menurut wawancara dengan Tony Q di Radio Nederland Wereldomroep, sebelum terjun di musik reggae, dia pernah memainkan blues, rock, bahkan musik country. Tahun 1989 dia akhirnya memilih menekuni musik reggae yang menurutnya tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Tony Q mengaku sangat mengidolakan Bob Marley, almarhum musisi reggae kenamaan asal Jamaika. Tony Q memulai karier musik reggaenya sejak tahun 1989 dengan grup musik Roots Rock Reggae. Biasa manggung dari kafe ke kafe atau acara pentas musik yang ada di Jakarta. Setelah tergabung dengan banyak band reggae seperti Exodus dan Rastaman, akhirnya pada tahun 1994 dia membentuk grup musik Rastafara yang menjadi cukup terkenal sebagai pengusung aliran musik reggae di Indonesia saat itu. Bersama Rastafara dia sempat merilis dua album, yaitu "Rambut Gimbal" (1996) dan "Gue Falling In Love" (1997).

http://limafaktaunik.files.wordpress.com/2012/05/13512_25384.jpg

Hampir semua lagu dalam album tersebut diciptakan Tony Q, dengan lirik lagu yang banyak bertema sosial, kemanusiaan, cinta, dan kehidupan masyarakat sehari-hari. Salah satu lagunya yang populer adalah "Rambut Gimbal", sebuah istilah untuk gaya rambut dreadlock yang kerap digunakan oleh pengikut Gerakan Rastafari, yang kemudian secara tidak langsung dijadikan istilah dalam bahasa Indonesia yang menjadi populer karena lagu tersebut. Rastafara saat itu dinilai berbeda dengan grup musik reggae lainnya karena mereka berhasil memasukan dan memadukan unsur-unsur musik dan instrumen tradisional khas Indonesia ke dalam musiknya sehingga terbentuklah musik reggae ala Indonesia yang bisa terlepas dari bayang-bayang musik reggae negara lain seperti Bob Marley, UB40 atau Jimmy Cliff. Penggunaan alat-alat musik tradisional seperti Kendang Sunda atau Gamelan Jawa ikut menambah warna musik dalam lagu-lagu Rastafara. Dan pada aransemen musiknya sepintas juga terlihat unsur-unsur musik Melayu, musik khas daerah Sumatera Utara, atau Sumatera Barat.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0XZIJsh3_zj_aY9YsL3CERlN_8Je-3VCZgRhvTu5oqfezUAeEXCR4tG-0EgUf_4ACYNrWZkU4ibSX7Zi9veLc4F2JCCjvgd07bVmpTwuk8oZFdHyvlmI3McNL66AALxnB0FvYwpKQ1Lo/s1600/tony-Q-rastafara-Bio.png

Pada tahun 1997 Rastafara memutuskan untuk vakum dalam musik karena kurangnya pasar musik reggae di Indonesia. Tony Q kemudian melanjutkan kariernya dengan membentuk band baru dengan tetap membawa nama Rastafara. Tahun 1998 terbentuklah Tony Q & New Rastafara, dengan format band mendapat pemain tambahan. Tetapi kemudian tahun 2000 Tony Q memutuskan untuk memulai karier solo dengan tetap membawa nama grup musik yang telah membuatnya dikenal oleh para penggemarnya, yaitu Tony Q Rastafara.

http://klimg.com/kapanlagi.com//p/tonyS.jpg

Tahun 2000 Tony Q yang sekarang dikenal dengan nama Tony Q Rastafara berhasil merilis album solonya yang pertama, "Damai Dengan Cinta" tanpa dinaungi perusahaan rekaman. Pada album solo pertamanya ini Tony Q mulai mengalami puncak kariernya dalam musik reggae. Setelah mendengar album pertamanya tersebut, seorang profesor di bidang musik dari Kanada memberikan Tony Q referensi untuk mengirimkan demo untuk ikut dalam ajang Bob Marley Festival di Amerika Serikat. Pihak penyelenggara festival tersebut menyukai lagu-lagu yang ada di demo tersebut dan kemudian mengundang Tony Q untuk tampil diacara yang sama pada tahun 2002. Namun keberangkatan Tony Q beserta rombongannya ke festival tersebut terpaksa batal karena mereka tidak mendapat izin visa dari Kedutaan Amerika dikarenakan alasan keamanan terkait terjadinya "Peristiwa 9/11" di Amerika Serikat yang terjadi berdekatan dengan rencana keberangkatan Tony Q.

http://www.statusbooks.com/public/album_photo/e0/c5/c51b_6f01.JPG?c=f64e

Tahun 2003 Tony Q Rastafara merilis album solonya yang kedua berjudul "Kronologi". Lagu dalam album tersebut merupakan kumpulan dari beberapa lagu dari album-album Tony Q sebelumnya dan juga beberapa lagu yang belum sempat dirilis. Tahun 2005 Tony Q merilis album "Salam Damai". Dalam album ini Tony Q mencoba menggabungkan musik reggae dengan unsur instrumen tradisional Indonesia. Dalam album tersebut terdapat lagu dengan lirik bahasa Sunda ("Paris Van Java") dan Jawa ("Ngajogjakarta") yang semakin menambah kental unsur tradisional Indonesia dalam musik reggae. Pada tahun 2005 lagu "Pat Gulipat" dari album solo pertamanya "Damai Dengan Cinta", masuk ke dalam album kompilasi musik "Reggae Playground" yang dirilis bulan Februari 2006 di bawah perusahaan rekaman Putumayo World Music, sebuah label rekaman yang berbasis di New York, AS.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhHjpriPjA12G5zoW0DztLOfZFfaBfavO8cflMPTJ6utWBxYkex0lX1qzx8gulrFcdqp0Dwhk7NGqWPdnUtUYYt4MGO2kwle_OxGSrsiUpXG2NWGArcEl26gFec86Ti-WkJVYv_0rfXvxc/s1600/0.jpg.jpeg

Tahun 2009 Tony Q merilis album "Presiden" dalam rangka maraknya Pemilu 2009 di Indonesia. Menurut Tony Q, album ini dirilis untuk memberikan wacana ke masyarakat penggemar musik reggae supaya tahu bagaimana menyikapi kondisi politik saat itu. Musik dalam album ini kembali menghadirkan unsur tradisional Indonesia seperti kendang Sunda, gamelan, sitar Jawa, tamburin, bahkan trompet reog.

139 Comments:

Gamat Luxor said...

maju terus music regae....

pengobatan herbal hernia said...

Terima kasih untuk artikel
Silahkan kunjungi blog saya.
Terima kasih banyak ...

pengobatan herbal turun berok said...

Saya suka posting ini, Terima kasih untuk berbagi.

obat kanker serviks herbal said...

nice post,thanks for infonya salam kenal gan good luck always

obat kanker ovarium herbal said...

Terima kasih untuk posting yang sangat informatif

obat bronkitis tradisional said...

I will also try to read the posts of this blog and put comments on them from now on

obat Leukemia tradisional said...

saya suka, artikel yang baik ..
terima kasih banyak,

obat vertigo tradisional said...

postingan yang menarik :)

obat insomnia tradisional said...

thank you for a very interesting post its gan ...
may be useful

obat radang ginjal tradisional said...

this article is useful for me
thank you

obat kanker darah herbal said...

Good information! I personally really appreciate your article. This is an interesting web site

OBAT TRADISIONAL JANTUNG said...

Sangat senang menemukan web site ini. saya ingin mengucapkan terima kasih untuk membaca besar ini.

obat kista rahim tradisional said...

Websitenya sungguh bagus sekali,salam semangat….

obat tumor ovarium tradisional said...

Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi orang banyak,,,
amin…

obat tumor lambung tradisional said...

ok ..good postingannya sangat bermanfaat .
thanks buat info dan share nya ..

obat wasir berdarah tradisional said...

wah infonya sangat bermanfaat sekali infonya saya tunggu postingan selanjut nya yang pasti lebih bermanfaat

pengobatan jantung bocor tanpa operasi said...

baru kali ini sata membaca postingan yang menarik sperti ini gan ..

pengobatan jantung bocor tanpa operasi said...

Terimakasih gan atas informasi yang akurat, tajam dan terpercaya ini. Semoga informasi ini dapat memberikan wawasan yang lebih untuk semua pembaca khususnya saya sendiri.. sumpeh dah ane salut sama postingan agan yang satu itu, baguss beneerrr, jadi ngiri
Sukses selalu dah gan buat ente, berikan terus informasi yang menarik seperti ini

obat infeksi kelenjar bartholin tradisional said...

Informasi yang ada dalam artikel ini sangatlah bermanfaat untuk menambah wawasan semua pembaca, anda hebat gan bisa membuat artikel yang bermanfaat dan bagus seperti ini. kira-kira bisa gak ya saya belajar sama agan. huh ngiri deh liar postingan agan ini, yah semoga sukses selalu dan gan, update terus informasi yang bisa kami baca.

pengobatan keputihan secara alami said...

informasinya menarik sekali, Terimakasih Gan....

obat osteoporosis tradisional said...

sebuah artikel yang menarik dan sangat bermanfaat. lanjutkan terus gan sebuah kreatifmu.. saya tunggu...

obat kanker prostat tradisional said...

Terimakasih atas informasinya bermanfaat,, gak mau koment panjang lebar, disini saya cuma ikut nyimak apa yang ada diatas. ditunggu terus informasi selanjutnnya yang lebih menarik dan lebih bagus lagi. salam semangat !!

pengobatan keputihan secara alami said...

Informasi ini telah menarik saya untuk membaca dan menyimaknya, terimaksih bermanfaat. saya tungu terus informasi selanjutnya yang lebh bagus. semangaat !!!

pengobatan keputihan secara alami said...

Apa yang disamapikan sangat lah bermanfaat karna berisi informasi. posting terus yaah.. saya tunggu informasi selanjutnya.

Obat herbal ace maxs said...

dont worry uyeh deh gan pokoknya

Obat tumor kista herbal said...

mantap nih bank tony

obat radang hati tradisional said...

Informasi yang anda sajikan kepada kami sangat memberikan motifasi dan dangat menambah wawasan

obat penyakit gula tradisional said...

Assalamualaikum wr.wb
selamat siang para pembaca dan khususnya empunya artikel ini,semoga kita semua selalu berada dalam lindungan dan rahmat tuhan sang maha pencupta.
Saya ucapkan terimakasih banyak untuk informasi yang anda sajikan ini, informasiny asnagat bagus,aktual,tajam dan terpercaya. saya tunggu informasi-informasi yang lain yang tidak kalah menarik lagi. Semoga Sukses selalu gan

pengobatan herbal kanker ovarium said...

informasi yang di tampilkan sangatlah luaarr biasssa sekali,semoga berguna bagi publik,amin…

obat gagal ginjal tradisional said...

Terimakasih untuk informasi yang sangat bermanfaat ini, artikel yang anda buat ini sangat bagus sekali, tidak saja isinya yang rapih namun isinya juga memuat informasi yang sangat bagus untuk menambah wawasan semua pembaca.
Selamat sore :)

obat kanker otak tradisional said...

Saya suka posting ini, Terima kasih untuk berbagi yang menarik dan bermanfaat gan..

obat varikokel tradisional said...

Wah, bagus nih artikelnya sangat membantu sekali

pengobatan vertigo secara alami said...

maksih banget untuk postingannya gan :)

cara mengobati gondok beracun secara alami said...

tulisan yang agan posting sangat sugguh menarik ..

obat biduran herbal said...

selamat pagi :)

cara menurunkan kolesterol secara alami said...

artikel agan sungguh sangat menarik sekali dan menambah pengetahuan baru.

cara mengobati ambeien tradisional said...

salam sehat dan sukses selalu dan semoga postingan yang agan berikan bermanfaat bagi kita semuanya ....

pengobatan vertigo secara alami said...

terimakasih buat informasi yang menarik ini ... salam kenal aja yah gan

jelly gamat gold g said...

selamat sore gan :)

obat kanker ovarium tradisional said...

terimakasih atas informasi yang agan sampaikan melalui artikel ini, sangat bermanfaat dan bagus untuk di simak ...

pengobatan herbal mioma uteri said...

Kami menunggu infomasi yang terbarunya gan ....

pengobatan herbal tumor otak said...

kunjungan sore ini, informasinya menarik keren banget..

pengobatan jerawat herbal said...

meskipun gantuk tetapi saya semangat membaca artikel agan ini :)

obat radang tenggorokan tradisional said...

mohon ijin dan menyimak tuk baca-baca sekalian numpang kenalan mas bro...

cara menyembuhkan penyakit nyeri haid said...

postingan yang sangat menarik,
kami sangat manunggu info yang lebih menarik lainnya. segera psotingan yang lebih menarik lagi yah gan

jelly gamat gold g said...

terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung..

obat tradisional jantung said...

informasi dan berita yang agan berikan kepada kami sangat bermanfaat

cara menyembuhkan penyakit insomnia said...

share nya semoga bermanfaat dan bertambah lagi ilmunya !!! trimakasih atas infonya pencerahan baru untuk saya

obat penyakit sakit pinggang alami said...

kunjungan sore sangat enak jika membaca artikel bermanfaat seperti ini.. makasih informasinya ya..

obat sipilis herbal said...

selamat pagi ...
untuk informasinya sangat menarik gan, keren banget. thanks ya

obat tumor otak tradisional said...

Pagi !!
jangan lupa awali harimu dengan membaca doa yah... Sukses terus ...

obat syaraf kejepit herbal said...

terimakasih informasinya sungguh sangat berguna dan bermanfaat sekalih admin, saya mohon jangan lupa untuk update berita terbarunya :D

manfaat ace maxs said...

mari kita rajin membaca.karena rajin membaca akan dapat menambah wawasan.Sehingga info-info yang sebelumnya tidak tau pun akan menjadi tau, terimaskish yah :D

manfaat ace maxs said...

blog ini memang berisi banyak informasi yang bermanfaat. lanjutkan mas bro.

obat tradisional jantung said...

terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi yangg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung..

Obat Herbal Kanker Rahim said...

situs ini memberikan informasi yang bagus sekali dan berguna ..

OBAT TRADISIONAL JANTUNG said...

artikelnya sangat menarik untuk dibaca dan bermanfaat ...

obat tradisional jantung said...

dikunjungan pagi ini saya izin simak artikel gan dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya atas infonya

Obat Herbal Kanker Rahim said...

terimakasih atas infonya,,kami sangat menunggu informasi yang selanjutnya.

pengobatan herbal ginjal bengkak said...

postingan yang sangat bermanfaat dan informatif ..

obat lemah jantung tradisional said...

maanfaat dari artikel ini sungguh luar biasa sekali.. terimakasih atas penerangan dan informasinya

obat kanker indung telur tradisional said...

Nice info, terimakasih gan semoga bermanfaat untuk semuanya..

pengobatan herbal infeksi leher rahim said...

Terima kasih telah berbagi informasi, semoga kedepanya blog ini
semakin maju.

pengobatan herbal infeksi lambung said...

Semoga dengan adanya informasi ini bisa menjadikan manfaat untuk kita semua. Amien, sukses terus ..

OBAT TRADISIONAL JANTUNG said...

terima kasih, informasinya sangat bermanfaat.
Tambah terus informasinya yah.

zha herbal said...

terima kasih banyak untuk informasinya
senang bisa berkunjung.

OBAT TRADISIONAL JANTUNG said...

dengan menyimak informasi yang bagus dan bermanfaat ini saya mendapat wawasan yang luas dan menarik
untuk infonya terimakasih

pengobatan herbal darah tinggi said...

website ini telah banyak memberi manfaat bagi saya dan pengunjung lainnya
terimakasih untuk informasinya

zha herbal said...

artikelnya menarik untuk di simak dan juga bermanfaat thanks gan...

OBAT TRADISIONAL JANTUNG said...

informasi yang sangat bagus dan menarik bermanfaat untuk dibaca terimakasih banyak ....

obat kanker tulang tradisional said...

informasi yang sangat bermanfaat, semoga menjadi berkah dan bermanfaat bagi kita semua ..

pengobatan herbal turun rahim said...

Bermanfaat sekali nih informasinya.. salam kenal dan sukses selalu dengan website nya ya pa admin. .

cara menyembuhkan penyakit TBC said...

senang bisa berkunjung ke website ini, terima kasih sudah berbagi informasi kepada kami ,

obat abses payudara tradisional said...

artikelnya mantap sekali dan bermanfaat gan thanks

cara menyembuhkan penyakit gagal ginjal said...

selamat ya untuk websitenya, sukses lo mencerahkan pikiran pembacanya termasuk saya, sukses terus..

obat angin duduk tradisional said...

Selamat beraktifitas kembali gan? Semoga kunjungan saya kali ini membawa berkah AMIIIN...

cara menyembuhkan penyakit kram usus said...

thanks gan infonya
semoga ada lagi info terbaru yang bermanfaat

obat penyakit kista rahim alami said...

Terimakasih atas semua informasinya semoga terus update

cara menyembuhkan penyakit kanker pankreas said...


makasih banyak untuk informasinya,,
mudah-mudahan berguna bagi orang banyak

pengobatan herbal vertigo said...

selamat sore untuk semuanya . . .tetap semangat dalam mencari berkah !!!

cara menyembuhkan penyakit benjolan di vagina said...

Artikel yang sangat membantu,terimakasih banyak ..

pengobatan herbal insomnia said...

Informasi yang sangat menarik, terimakasih sudah berbagi infonya :)

cara menyembuhkan penyakit infeksi payudara said...

terima kasih banyak untuk informasi yang telah disajikan dan semoga bisa leieh baik lagi dan uptudate!!!

pengobatan herbal glaukoma said...


Menarik sekali..
Artikel yang Anda berikan sangat bermanfaat,,
salam sehat ..

pengobatan herbal kanker payudara said...

terimakasih atas informasinya gan sangat bagus sekali :)

cara menyembuhkan penyakit infeksi ginjal said...

terimakasih telah berkenan sharing artikel anda mas admin, sangat menarik dan menambah wawasan..

obat radang usus tradisional said...

banyak wawasan yg terdapat dalam website ini,,thanks admin..

Cara Menyembuhkan Penyakit Infeksi Hati said...

Terimakasih informasinya pak membantu sekali ..

Cara Menyembuhkan Penyakit Infeksi Hati said...

Terimakasih informasinya pak membantu sekali ..

pengobatan herbal jantung said...

informasi yang sangat bermanfaat dan sangat menarik gan, terima kasih ..

pengobatan herbal tumor hati said...

terima kasih,infonya sangat bermanfaat
sukses untuk semuanya..

obat radang empedu tradisional said...

terima kasih informasinya :)
semakin ok dan semakin sukses aja ya :D

cara menyembuhkan penyakit infeksi jantung said...

Salam kenalnya ya semoga bermanfaat infonya :)

pengobatan herbal tumor payudara said...

semua artikel yang terdapat di web pak admin ini sangat bagus sekali.
sukses selalu dengan webnya ya pa admin ...

cara menyembuhkan penyakit radang paru-paru said...

terimakasih atas segala informasinya, semoga sukses terus dan selalu di berikan kesehatan.

pengobatan herbal asma said...

semua artikel yang terdapat di web ini sangat bagus sekali.
sukses selalu dengan webnya ya dan salam sehat gan ..

cara menyembuhkan penyakit asma said...

di dalam Website ini terdapat banyak informasinya....
terimakasih ya

pengobatan herbal penyakit insomnia said...

pengobatan herbal penyakit insomnia

cara menyembuhkan penyakit gondok said...

terimakasih banyak telah berbagi infonya..sukses selalu untuk info and websitenya always be the best and do the best to the next information..

obar tumor ginjal tradisional said...

terima kasih atas beritnya pak, ditunggu berita menarik selanjutnya ..

Obat tradisional jantung said...

terimkasih informasinya sugguh sagat menarik dan bermanfaat banget :)

pengobatan herbal penyakit diare said...

informasi yang sangat bagus sekali gan ;)

cara menyembuhkan penyakit jantung lemah said...

terimakasih atas informasinya, semoga informasinya bermanfaat buat kitaaa semuaaaaaa....
aminnnnnnnn

obat kanker kandung kemih tradisional said...

terima kasih banyak karena telah berbagi informasi yang sangat menarik ...

cara menyembuhkan penyakit jantung koroner said...

terimakasih informasi yang hangat dan bermanfaatnya ..

cara menyembuhkan penyakit batuk berdarah said...

terima kasih atas infonaya semoga bermanfaaat dan semoga lebih suksestuk kedepanya ...

cara menyembuhkan penyakit anemia said...

thanks atas infonya pa admin,,
semoga saja dengan adanya postingan ini, kita semua dapat terbantu

obat darah tinggi tradisional said...

terimakasih banyak atas infonya pa admin.
terus berkarnya dengan webnya ya ,,

cara menyembuhkan penyakit leher bengkak said...

terimakasih ya telah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat dan juga informasi yang sangat keren, terimakasih ya

cara menyembuhkan penyakit payudara bengkak said...

Disini memang tempatnya informasi-informasi terkini yang bermanfaat, sukses ya !!!!

cara menyembuhkan penyakit tumor payudara said...


Untuk admin Tetap Semangat Dalam, memberikan informasinya, Saya Ulasan Sangat mendukung !!!

pengobatan herbal kista rahim said...

Terimakasih banyak ya mas admin, artikelnya sangat menarik, ..

cara menyembuhka bronkitis said...

terima kasih pak admin karena telah berbagi informasi yang menarik dan bermafaat kepada kami, semoga artikelnya bermanfaat juga bagi pengunjung yang lain

cara menyembuhkan nyeri haid said...

informasinya sungguh sangat berguna untuk menambah ilmu baru..thanks ya ka' admin untuk semua yg dihadirkan,sungguh sangat membantu.

obat tradisional migren said...

makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya keren banget

pengobatan herbal keputihan said...

terima kasih informasinya. semoga bermanfaat buat kita semua,amin.

obat tradisional leukimia said...

terima kasih sudah mau berbagi informasi

obat tradisional radang usus said...

very-very nice site nih,artikel-nya banyak yg berbobot..makasih buat admin yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk berkenalan dengan para pengunjung yang lain..semoga sukses selalu..

pengobatan herbal tbc said...

Bermanfaat atas informasi yang telah disampaikannya terimakasih banyak ya, senang sekali saya berkunjung ke situs ini makasih banyak

obat tradisional vertigo said...

websitenya bagus,postinganya juga menarik.sangat bermanfaat bagi pengunjung ..

pengobatan herbal usus buntu said...

selamat siang
salam hangat untuk semuanya ..

obat tradisional ginjal bocor said...

Terimakasih informasinya, izin share. Semoga bermanfaat...

obat penyakit usus buntu alami said...

artikelnya sangat menarik dan bagus, terima kasih atas informasinya,
semoga bermanfaat buat kita semua :-)

pengobatan herbal radang hati said...

Terimakasih informasinya, izin share. Semoga bermanfaat...

obat tradisional klep jantung bocor said...

terimakasih atas informasinya, dan saya tunggu sekali postingan agan selanjutnyaa :)

obat penyakit kram usus alami said...

selamat siang, semanagat baca postingan bapak :)

pengobatan herbal usus buntu said...

thnks gan atas informasinya sangat bermanfaat dan baik banget he

obat penyakit hernia alami said...

informasi yang mantap. good job ..

obat tradisional bronkitis said...

selamat sore !! postingannya mantapa gan ....

pengobatan herbal osteoporosis said...

postingan yang cukup bermanfaat,dan menyajikan informasi yang menarik ..

obat tradisional diare said...

terima kasih telah berbagi dengan infonya tersebut ...

cara menyembuhkan penyakit tipes said...

keren, saya salut dengan postingan admin selalu posting yg terbaik yah terimakasih

pengobatan herbal radang usus said...

mudah-mudahan artikel ini bisa dijadikan sebagai pembelajara kita bersama (y)
nice posting..

obat tradisional radang ginjal said...

postingan yang sangat bagus, terus posting gan ......

cara menyembuhkan penyakit eksim said...

saya sungguh senang baca artikel yang bapa berikan sangat bagus,

pengobatan herbal katarak said...

pak admin,mohon ijin untuk ikut corat-coret di kolom komentar ini,ane bangga bisa menemukan website yang super super keren ini.info2-nya sangat menarik penuh manfaat..thanks,,salam kenal untuk semua and sukses selalu..

cara menyembuhkan penyakit sinusitis said...

senang bisa berkunjung dihalaman yang sangat menarik ini dan terima kasih banyak .....

pengobatan herbal kanker usus besar said...

terima kasih banyak banyak atas informasi yang telah disajikan semoga menjadikan catatan baik sukses slalu dan kai tunggu artikel terbaiknya.

perawatan payudara said...

Terimakasih atas informasinya :) semoga sukses slalu .. Ditunggu informasi menarik selanjutnya :) senang berkunjung ke website anda, terimakasih. sekali lagi thanks.

Posting Komentar