Senin, 04 Juni 2012

Sejarah Tattoo

Istilah “Tato” diambil dari kata “Tatau” dalam bahasa Tahiti, yang berarti “menandakan sesuatu”. Rajah atau tato (Bahasa Inggris : “tattoo”), adalah suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan pigmen ke dalam kulit. Dalam istilah teknis, rajah adalah implantasi pigmen mikro. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tato berarti gambar (lukisan) pada bagian (anggota) tubuh. Tato dapat dibuat terhadap kulit manusia atau hewan. Tato merupakan praktek yang ditemukan hampir di semua tempat dengan fungsi sesuai dengan adat setempat. Tato dahulu sering dipakai oleh kalangan suku-suku terasing di suatu wilayah di dunia sebagai penandaan wilayah, derajat, pangkat, bahkan menandakan kesehatan seseorang.

http://3.bp.blogspot.com/-60qHFO8xqEk/T70GADb_p6I/AAAAAAAAA2U/5syCxedbnnE/s1600/Henna%2BTattoo%2Bzulumikenet.jpg

Tato pun di pergunakan secara luas oleh orang-orang Polinesia, Filipina, Kalimantan, Mentawai, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Mesoamerika, Eropa, Jepang, Kamboja, serta Tiongkok. Walaupun pada beberapa kalangan, tato dianggap sebagai yang tabu, seni tato tetap menjadi sesuatu yang populer di dunia. Tato pada manusia adalah suatu bentuk modifikasi tubuh, sementara tato pada hewan umumnya digunakan sebagai identifikasi. Keberadaan tato tubuh di dalam kebudayaan dunia sudah sangat lama ada dan dapat dijumpai di seluruh sudut dunia. Menurut sejarah, ternyata tato tubuh sudah dilakukan sejak 3000 tahun SM (sebelum Masehi). Tato pertama kali tercatat oleh peradaban Barat dalam ekspedisi James Cook pada tahun 1769.

http://www.sanskrittattoo.info/wp-content/uploads/2011/03/angelina-jolie-tattoo.jpg

Menurut beberapa peneliti, tato yang tertua ditemukan pada mumi Mesir yang ditemukan kira-kira pada 1300 SM, dan konon hal itu dianggap yang menjadikan tato kemudian menyebar ke suku-suku di dunia, namun itu belum terbukti kebenarannya.


Tato dibuat sebagai suatu symbol atau penanda, dapat memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi si empunya dan simbol keberanian dari si pemilik tato. Sejak masa pertama tato dibuat juga memiliki tujuan demikian. Tato dipercaya sebagai simbol keberuntungan, status sosial, kecantikan, kedewasaan, dan harga diri. Di Borneo (Kalimantan), penduduk asli wanita disana menganggap bahwa tato merupakan sebuah simbol yang menunjukkan keahlian khusus. Sedangkan di China, pada masa zaman Dinasti Ming (kurang lebih 350 tahun yang lalu), wanita dari Suku Drung membuat tato di wajah dan pantatnya untuk sebagai tanda bagi keturunan yang baik.

http://www.ashleyb.org/images/eccentric_tattoo.jpg

Di Indian, melukis tubuh/ body painting dan mengukir kulit, dilakukan untuk mempercantik (sebagai tujuan estetika) dan menunjukkan status sosial. Dan Suku Mentawai memandang tato sebagai suatu hal yang sakral dan berfungsi sebagai simbol keseimbangan alam yang merupakan roh kehidupan. Salah satu posisi tato adalah untuk menunjukkan identitas dan perbedaan status sosial atau profesi.

http://24.media.tumblr.com/tumblr_m2z0orPVXx1ruxsgbo1_400.jpg

Ada berbagai cara dalam pembuatan tato, seperti menggunakan tulang binatang sebagai jarum yang dapat dijumpai pada orang-orang Eskimo, Suku Dayak dengan duri pohon jeruk, dan ada pula yang menggunakan tembaga panas untuk mencetak gambar naga di kulit seperti yang dapat ditemui di China. Bukannya tidak sakit dalam proses membuat tato, rasa sakit pasti dialami ketika membuat tato di tubuh, namun karena nilai yang tinggi dari tato itu sendiri, dan harga diri yang didapatkan, maka rasa sakit itu tidak dianggap masalah. Ada berbagai jenis dan ragam bentuk tato, tergantung dengan apa yang dipercaya oleh suku-suku bersangkutan, dan di setiap daerah umumnya memiliki persepsi yang berbeda-beda tentang tato, meski pada prinsipnya hampir sama.

http://i2.listal.com/image/1193887/500full.jpg

Hingga saat ini, seni kreasi pembuatan tato semakin berkembang, apalagi didukung oleh teknologi yang ada, maka terdapat beragam pilihan bagi yang ingin membuatnya. Namun, sebaiknya jika ingin membuat tato, dipikirkan terlebih dahulu secara matang, terutama jenis tato yang bersifat permanen, karena untuk menghilangkannya tidak mudah. Meski saat ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan tato dengan menggunakan teknologi mutakhir, tetap belum diketahui efek samping yang terjadi pada kulit, maka pikirkanlah kembali matang-matang.

81 Comments:

Anonim said...

wow katanya tattoo itu sakit lho

Anonim said...

dfghj

X.A.N said...

Gan, Anda harus mencari tahu lebih jauh dari beberapa buku, misalnya "Mentawai di Persimpangan Jalan" karya Andi Rosa, dan cari tahu soal tato Mentawai, tato suku2 di Kalimantan, dan tato yang sudah hilang: tato di NTT/NTB... sejarah tato itu sampai sekarang masih polemik di antara para ahli... tato dari Tahiti atau Mesir itu kan menurut ilmuwan Barat. Mereka menyimpulkan saat belum tahu apa yang terjadi dengan tato di Indonesia...

X.A.N said...

Satu lagi, apakah tato diambil dari bahasa Tahiti? Saat saya ke Mentawai, orang2 pedalaman menyebut tato dengan "TI'TI" bukankah ini juga dekat dengan istilah "tato" jaman sekarang? Sampai saat ini, kalangan akademis masih bingung dengan kemiripan pola tato orang Mentawai dan Tahiti... bahkan ada hipotesa bhw tato Mentawai lebih tua dari tato Mesir...

Obat wasir said...

keren sejarahnya

Obat herbal kanker usus said...

salah satu seni yg banyak digemari

candra irawandi said...

...sependapat dengan X.A.N,satu lagi dalam bahasa jawa ada kata "Tatu"(Tattoo orang barat membacanya Tatu) yang berarti luka bukankah seni Tattoo adalah menghiasi tubuh dengan tinta dengan cara dilukai..??menurutku mentawai lah yang paling tua budaya tattoo nya .

Obat bronkitis alami said...

tattonya keren"

Obat leukimia alami said...

thanks untuk informasi sejarah tattonya ya

obat penyakit TBC herbal said...

thanks ngeposting already good and useful gan ..

pengobatan herbal disfungsi seksual said...

Nice article. I'll visit again. Thanks

obat radang hati herbal said...

good luck postingannya gan ..

obat benjolan di payudara tradisional said...

gan thanks for the info .. I wait for the next post ..

obat benjolan di vagina tradisional said...

Wah, bagus nih artikelnya sangat membantu sekali.

obat kanker prostat herbal said...

informasinya keren sekali, sangat bermanfaat.sukses selalu

pengobatan herbal kanker nasofaring said...

terima kasih tentang info ini ...

pengobatan herbal katarak said...

wah steady also ni info,, thank you very much for the info,,, gan Greetings

obat hernia tradisional said...

Very interesting posts gan

obat penyakit gula herbal said...

Baru kali ini nih saya baca artikel yang semenarik ini

pengobatan herbal kanker hati said...

Thannks for your info

pengobatan herbal benjolan di payudara said...

terima kasih atas info dan informasi yang diberikan

pengobatan herbal kanker usus besar said...

Thank you for the information…..bravo…

obat kanker otak herbal said...

menyapa Posting terimaksih ya udah berbagi
salam keberuntungan selalu

obat radang tenggorokan herbal said...

thanks for your information....i hope it is can really very useful, hopefully useful good article very helpful at all ..

obat sakit pinggang tradisional said...

sip deh mantap bener infonya,,,bermanfaat sekali :)

obat penurun kadar trigliserida tradisional said...

Mantap deh artikel nya terima kasiih,,
kalau bissa lanjutkan posting nya :)

OBAT TRADISIONAL JANTUNG said...

terimaksih telah memosting postingan yang bagus dan menarik :)

obat tradisional jantung said...

mantap dan menarik postingannya gan ..

obat tradisional jantung said...

mantap dan menarik postingannya gan ..

Irham Abdul Azis said...

Terimakasih atas informasinya

irhamabdulazis271.student.ipb.ac.id

obat kanker hati herbal said...

Makasih Gan Bemanfaat Bnget Infonya....!!

pengobatan herbal sinusitis said...

Informasi yang sangat manrik dan teirma kasih atas informasi yang sudah disampaikan salam sukses selalu aja gan !

obat muntaber tradisional said...

selamat pagi semoga aktivitas di hari ini lancar dan salam sehat ...

manfaat ace maxs said...

postingan ini bagus banget bagi saya, terimaksih yah gan udah berbagi ..

obat syaraf terjepit tradisional said...

sungguh menarik dan berbobot apa yang anda sampaikan disini. Mungkin saya perlu sering-sering mampir kesini agar dapat info terbaru yang OK, terima kasih banyak.

zha herbal said...

makasih banyak atas semua informasinya. Saya sangat beruntung bisa menemukan situs web ini yang menarik sekali ..

jelly gamat gold g said...

di tunggu postingan selanjutnya,karena di sini kami sangat tertarik dengan berita anda ..

manfaat ace maxs said...

terimakasih banyak atas artikel yang di sajikan hari ini,
sangat bermanfaat sekali untuk saya.
Sukses selalu yan buat website dan adminnya.

OBAT TRADISIONAL JANTUNG said...

senangnya baca informasi ini, sangat bermanfaat. Ijin share link-nya yah gan :)

zha herbal said...

tulisannya menarik sekali, terima kasih telah berbagi.

obat benjolan di vagina tradisional said...

terimakasih apa yang telah disampaikannya, semoga bermanfaat bagi kami dan terus posting yah gan supaya kami bisa terus melihat postingan agan yang terbaru.. Semoga sukses !!

pengobatan herbal hipertiroid said...

terimakasih untuk infromasi yang anda berikan ini semoga dengan adanya infromasi ini bisa membantu semua pembaca dan menambah wawawan maupun ilmu pengetahuian. meskipun sedikit setidaknya ini ilmu.
Saya tunggu postingan-postingan sekanjutnya.
Thanks :)

pengobatan herbal disentri said...

terima kasih atas informasi yang sudah disampaikan semoga bermanfaat bagi semuanya ..

pengobatan herbal kanker tulang said...

situs Anda memberikan berbagai pengetahuan yang layak untuk di baca, info terbarunya mohon di update

obat disentri tradisional said...

informasi yang sangat berguna sekali khususnya bagi saya sebagai pembaca
terimakasih sebelumnya...

pengobatan herbal migren said...

terima kasih, informasinya sangat berguna. Senang deh berkunjung ke website ini, semoga terus ditambah artikelnya.

pengobatan herbal abses payudara said...

mantap deh gan info nya sangat bagus dan sangat menarik nieh gan ,,,,,,

obat sakit ulu hati tradisional said...

pembahasan pada artikelnya sangat menarik dan sangat bermanfaat ....
semoga menjadi ide pencerahan baru dan motivasi maju ...

pengobatan herbal jantung rematik said...

makasi ya informasinya semoga bermanfaat tetap berkarya dan salam sehat yah kawan :)

pengobatan herbal turun rahim peranakan said...

share yang sangat ditunggu para pencari backlink, terimakasih :)

OBAT TRADISIONAL JANTUNG said...

informasi yang sangat bagus

zha herbal said...

postingan yang sangat bagus terimaskasih .

pengobatan herbal radang paru - paru said...


terimakasih pada admin yang telah berbagi informasi kepada kami. Semoga dapat memberikan dampak positif bagi semuanya.

pengobatan herbal radang usus besar said...

makasih infonya dan sukses terus ya, jangan lupa mampir balik ya gan ,

Jeli Gamat Gold G said...

selalu sukses ya buat info dan artikelnya..Semoga bermanfaat buat orang banyak...

pengobatan herbal radang empedu said...

terima kasih banyak untuk informasinya selamta pagi dan selamat mencari rezeki !!!

obat tradisional jantung said...

terimakasih banyak untuk informasinya sangat bagus sekali dan bermanfaat

pengobatan herbal tumor hati said...

terimakasih untuk informasi terupdate nya pak admin, sukses terus ya ...

pengobatan herbal kanker usus 12 jari said...

mantap keren dah, artikel yang menarik, ijin nyimak , dan saya tunggu kunjungan balik nya, :D, oh ya jangan lupa terus udatenya :D

pengobatan herbal tumor rahim said...


terimakasih atas informasinya gan sukses selalu gan webnya

pengobatan herbal nyeri dada said...

Terima kasih atas informasinya yang sangat bermanfaat , sukses slalu websetenya !!!

pengobatan herbal kurang darah said...

terimakasih atas informasi yang anda berikan sangat bermanfaat,di tunggu info lainya

OBAT TRADISIONAL JANTUNG said...

ikut nyimak informasinya dan terima kasih banyak telah berbagi info yang sangat

pengobatan herbal gagal ginjal tanpa cuci darah said...

artikel yang sangat bermanfaat, semoga saja dapat memberikan kontribusi kepada para pembaca setia website ini. thanks

OBAT TRADISIONAL JANTUNG said...

Terima kasih informasinya, semoga akan selalu ada informasi terbarunya.
Salam Sukses !!!!!

cara menyembuhkan penyakit glaukoma secara alami said...

Informasi yang sangat menarik seklai :)
Terimakasih sudah bebrbagi infonya :)

obat hipertensi tradisional said...

terimakasih banyak untuk beritanya, sangat membantu. ..

obat infeksi saluran pernafasan tradisional said...

terimakasih atas artikel nya gan semoga bermanfaat ...

cara menyembuhkan penyakit kanker prostat said...

informasinya bagus, terus poting yah

obat radang selaput otak tradisional said...

info yang sangat menarik, terus berkarya, karena karya akan bermanfaat untuk diri sendiri & juga orang lain ..

cara menyembuhkan penyakit kanker darah said...

senang berkunjung ke website anda, terimakasih atas informasinya.
semoga bermanfaat ...

cara menyembuhkan penaykit infeksi empedu said...

INFORMASI YANG SANGAT MENARIK, SEMOGA MEMBERIKAN MANFAAT UNTUK PEMBUAT BLOG DAN PEMBACANYA ...

cara menyembuhkan penyakit infeksi paru-paru said...

terima kasih pak admin telah menghadirkan informasi dan berita yg bermanfaat,semoga dengan sering di updated akan menjadikan website ini
lebih bermanfaat lagi bagi pengunjung.

cara menyembuhkan penyakit radang empedu said...

banyak sekali informasi yang menarik dan bermanfaat disini.. terima kasih :)

obat tumor rahim tradisional said...

terima kasih.. informasinya sangat menarik dan berguna utk bisa menambah wawasan :)

cara menyembuhkan penyakit kurang darah said...

Untuk admin Tetap Semangat Dalam, memberikan informasinya, Saya Ulasan Sangat mendukung !!!

cara menyembuhkan penyakit demam berdarah said...

makasih banyak untuk informasinya,,
mudah-mudahan berguna bagi orang banyak :)

cara menyembuhkan penyakit wasir berdarah said...

halaman yang memberikan manfaat . . semoga lebih baik lagi kedepannya dan semakin sukses!!!

Pengobatan Herbal Klep Jantung Bocor said...

makasih atas infonya sangat menarik dan artikelnya keren banget, salam kenal aja salam sehat

cara menyembuhkan penyakit benjolan di ketiak said...

Senang sekali banyak informasi yang telah disampaikannya dan bermanfaat makasih banyak atas informasi yang telah disampaikannya .....

cara menyembuhkan penyakit sakit pinggang said...

terima kasih pak admin karena telah berbagi informasi yang menarik dan bermafaat kepada kami, semoga artikelnya bermanfaat juga bagi pengunjung yang lain ..

Poskan Komentar