Jumat, 26 Juni 2009

Terkuaknya Misteri Lukisan Monalisa

Sejumlah ilmuwan Jerman yakin telah berhasil memecahkan misteri di balik lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci. Lisa Gherardini, istri saudagar kaya Florentine, Francesco del Giocondo, selama ini diyakini sebagai perempuan yang paling mungkin menjadi model lukisan potret abad 16 itu. Namun para ahli sejarah menduga-duga, perempuan tersenyum itu bisa jadi kekasih, ibu atau da Vinci sendiri.
http://www.sgallery.net/artnews/data/upimages/2007/01/monalisa.jpg

Sekarang, para ahli di Perpustakaan Universitas Heidelberg mengatakan catatan yang ditulis di pinggiran buku oleh pemiliknya, Oktober 1503, membuktikan bahwa Lisa del Giocondo adalah benar-benar model lukisan paling terkenal di dunia itu. “Semua keraguan tentang identitas Mona Lisa tersingkir dengan penemuan Dr Armin Schlechter, a manuscript expert,” demikian pernyaatan Perpustakaan Universitas Heidelberg, Senin


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/5f/MonaLisa_sfumato.jpeg

Sejauh ini hanya sedikit bukti yang tersedia dari dokumen-dokumen abad 16. Akibatnya ruang interpretasi terbuka luas dan banyak identitas yang dilekatkan pada Mona Lisa. Catatan di buku itu dibuat oleh pejabat kota Florentina, Agostino Vespucci, teman dekat da Vinci dalam sebuah koleksi surat oleh orator Rowami, Cicero. Catatan itu membandingkan da Vinci dengan seniman Yunandi Apelles dan menyebutkan bahwa da Vinci saat itu membuat tiga lukisa, salah satunya potret Lisa de Giocondo.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/fb/Leonardo_da_Vinci.jpeg

Para pakar seni yang telah menentukan tahun pelukisan Mona Lisa, mengatakan penemuan Heidelberg itu merupakan terobosan penting dan penyebutan awal yang menghubungkan dengan potret istri saudagar itu.

“Tidak perlu ada lagi alasan untuk menyebut ini perempuan lain,” kata Frank Zoellner, sejarawan seni dari Universitas Leipzig kepada sebuah radio di Jerman. Nama Lisa Gherardini sebenarnya sudah dihubungkan dengan lukisan itu sejak 1550 oleh Giorgio Vasari, seorang pejabat Italia, namun pernyataan diragukan karena dibuat lima dekade setelah lukisan itu dibuat.

http://3rv1n.files.wordpress.com/2009/04/monalisa.jpg

Catatan di Heidelberg itu sebenarnya sudah dua tahun lalu ditemukan oleh Schlecter. Meski sudah tercantum dalam katalog, namun temuan itu tidak dipublikasikan secara luas sampai seorang penyiar radio Jerman membuat rekaman di perpustakaan itu. Lukisan yang kini dipajang di Museum Louvre Paris itu juga dikenal dengan sebutan La Gioconda, yang dalam bahasa Italia berarti perempuan yang gembira. Namun bisa juga merujuk pada nama hasil perkawinan perempuan itu.


26 Comments:

Bisnis Online said...

wah keren yach, sejarahnya

@ Coy said...

menarik juga....

Anonim said...

hahahaha.....

gitu kok di bilang keren..

gooooobbbllllooookkkk

Anonim said...

@atas gua:

ga usah bacot kalo ga bisa. gua tau ini ga keren bacot aja lo bsanya. bisa ga lu ngelukis monalisa? mirip aja kagak. tolol amat dah lu. malu2in indonesia lo goblok. baru bisa pake internet ya? asu lo sampah masyarakat. maen di warnet aja belagu lo cok. udik lah.

aray_ckr_bdenk7 said...

sudah-sudah gak usah saling menghina & menghujat,, masa gara-gara si Monalisa kalian berantem siih .. jangan gitu dong malu tuh ama si Monalisa diketawain ... xixixi

Anonim said...

hahaha, mungkin dia emang gak suka berita2 ilmu pengetahuan kayak gini, pasti demennya yang label 'sexy'

Anonim said...

Hanya orang awam biasa, yang gak tahu, gak ngerti N gak paham seni aja yang bilang ini Goblok...
banyak2 bljr seni, jangan cuma jagonya nonton sinetron...Memalukan...

Tejo said...

Kalu gambar istri kamu
orang lain bilang jelek

kamu pasti bilang bagus

bila tidak mungkin kamu sudah tidak suka
tanya kakek nenek yang terus bersama resepnya..

Anonim said...

waaaaaach keyen

Anonim said...

sejarah tetaplah sejarah, bagaimana kita bisa menanggapinya, jangan suka memberi kritik yang menjatuhkan, cobalah untuk mengoreksi diri sendiri, dan jangan pernah mengungkiri keberadaan sejarah, karena sejarahlah yang menentukan kita saat ini...

Anonim said...

Rent a limousine. Propose to her in the limo thomas sabo shop
on the way to or from your special evening. thomas sabo anhänger günstig
Be sure to bring champagne or sparkling thomas sabo engelsflügel
cider to celebrate.Rent your favorite romantic movie. Make it special with homemade popcorn and her favorite movie treat. thomas sabo schmuck
Tell her you want your own happy ending by thomas sabo
proposing as the credits roll at the end.Give her three roses: angebote thomas sabo armbänder
Tell her one represents the past, one represents the present kette thomas sabo
and the last one (with the ring tied to it) represents the future. thomas sabo schmuck günstig
It is estimated that 110 million roses will be angebote thomas sabo ohrschmuck
sold for Valentine’s Day so be sure to order your angebote thomas sabo
roses early for the prettiest petals.

Anonim said...

For instance a watering hole, moncler actively playing golf lingerie is definitely an gain within the vital supplies that you can check out before playing. moncler Boutique Moreover, golf apparel is literally more than purely essential because of fixture. moncler pas cher In general, but also the squad banner of his fashion statement. That may use them in and around for professional parties more than a amazing trouser to mean the beautyEven as a result of sport, people can continue to showcase most of the inspiration inside manner. moncler prix It's been for a while personally seen as well as the established about quite a few events along with activities. moncler soldes An ideal back into playing golf, football, cycling, and etc- clothing fashion could be as well as and fit you. moncler paris However golfs creation at present promises confusions and therefore bickering perhaps customers, golf dresses, most certainly was piece of their records. As all other physical activities, moncler polo the entire recognized past with golfs origins shows of which anyone what individual wishes the sport of golf is required to clothing specialised gowns. moncler veste One that can simply effectively reveal to in which -the poker player is without question from the well-to-do group.For sure, moncler doudoune that dress wear with play golf obtain just exactly strengthened the assumption that this sport was probably more particularly came up with towards successful folks. Golfing dresses can be utterly pricy. moncler homme Then again, when using the many models and also makers sprouting wherever, is just the game often as rspectable just as ahead of?Even though broad strategy towards playing may be attached with a great deal in the course of the country's the historical past, it is very rather unjust so that it will assess one thing outside of your dog's gown code.

Anonim said...

seni itu butuh sedikit misteri
bukan untuk di hina atau dipuji
jadi kita ya nggak bisa bikin lukisan yg bagus nggak usah menghina deh

Anonim said...

jadi ingin tau lebih banyak tentang lukisan itu deh ! penasaran nih ..
cari tau dimana ya?

shietay said...

kereeennnnnnnnnnnnn.............................

Anonim said...

Bagus darimane anyinggg!!!!!????
kagak usah pake seni2an, lu liat pake mata bener2 dah

gua emang kaga bisa nglukis, tapi gua bisa ngebedain lukisan yg "bnr2 bagus" ama yang "di bagus2in", yang bilang bagus kan orang2 eropa sonoh n antek2nya
nah tololnya orang2 sedunia manut aje bilang tuh lukisan bagus, termasuk lo!
asu

Anonim said...

Wedeew..!! Biasa aja kali om komen'ya.. Ngeri amat.!
Tetap semangat menulis hal-hal baru yang bermanfaat ya teman-teman semua.. :)

Anonim said...

biasa ajah kalle komentnya gak usah pake asu2 segala....
dari dulu sampe skrg diseluruh dunia sudah menggagumi lukisan monalisa gan,emang bagus kok lukisannya...
gak usah sirik yah..

ikhsan said...

udah2 yang bilang ini gak keren,,,
selera seninya seleranya anjing,,,,
thankz,,, *cari ribut*

Anonim said...

hehe...yg bawa2 anyiiiing n asu, maklumin aj. lagi caper

andi said...

ok

Anonim said...

orang bodoh di larang coment,cukup liat aja..

Nothing said...

Da Vinci was a gift from God. This will be the knowledge that in more than we know on earth.

Anonim said...

love it :D let it be the mystery of the world :) who doesn't understand the meaning of art, better SHUT UP

Anonim said...

wiss sak karep mu ae cah...mental kere

Admin said...

Artikel MENARIK Lainnya:
==> Anggota DPR Kepergok Nonton Film Porno Saat Sidang
==> Kontes Vagina Terindah
==> Vagina Terkuat di Dunia
==> 5 Wanita Ber-Vagina Ganda
==> Kontes Payudara Terindah dan Terbesar
==> Payudara Bisa Besar & Montok Hanya Dengan Makan Tahu Tempe
==> ABG Bugil Digilir Dan Dijepret Kamera
==> Foto Hot Bugil Mahasiswi Yogyakarta
==> Foto Hot Semi Bugil Nikita Mirzani
==> Pernikahan Unik dengan Kondisi Bugil
==> Foto Reuni Para Model Majalah Playboy
==> Misteri Kutukan 600 Model Wanita Majalah PlayBoy
==> Alasan Kenapa Cewek Lebih menyukai Cowok Playboy
==> 10 Foto Nakal Artis Indonesia Yang Menghebohkan
==> Kisah-kisah Artis Porno Terkenal di Dunia
==> Bintang Porno yang Jadi Guru

Poskan Komentar