Kamis, 07 Mei 2009

Shampo & Lotion Bisa Rusak Otak

Shampo, body lotion, pewarna rambut dan produk sejenisnya, yang mengandung methylisothiazolinone (MIT), dapat menyebabkan kematian pada sel otak. Demikian yang terlihat pada penelitian yang dilakukan pada tikus. Bahan kimiawi methylisothiazolinone (MIT) ini, sebenarnya termasuk dalam golongan biosida, yaitu untuk mencegah dan membunuh kuman.

[shampo-otak.jpg]

Biasanya sering digunakan dalam produk rumah tangga dan industri untuk sistim pendinginan air agar kuman tidak berkembang biak. Sejauh ini, belum ada penelitian tentang efek MIT pada perkembangan saraf.Yang dikhawatirkan, jika ibu yang sedang hamil mengalami paparan terhadap MIT ini, yang mungkin dapat menyebabkan janinnya mengalami perkembangan otak yang tidak normal.

Selain itu, mereka yang bekerja secara langsung dengan menggunakan methylisothiazolinone (MIT), berisiko paling besar. Paparan langsung dengan MIT dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan iritasi pada kulit, karena MIT dapat merusak sel kulit juga.Pada percobaan dengan sel otak tikus, ditemukan bahwa paparan langsung terhadap MIT dengan konsentrasi seperti yang ditemukan pada body lotion, sudah dapat menyebabkan kematian dari sel saraf.

Sedang paparan yang lama dengan konsentrasi rendah dari MIT ini menyebabkan gangguan fungsi dari jalur sel saraf dalam berinteraksi satu dengan yang lainnya.Bagaimana efeknya pada manusia? bagaimana bila digunakan setiap hari secara terus menerus seperti pada body lotion ? Para peneliti belum mampu menjawabnya. Oleh karena itu diperlukan penelitian lanjutan untuk memastikan apakah MIT ini berbahaya bagi manusia.Penelitian ini disampaikan dalam pertemuan tahunan the American Society for Cell Biology di Washington, D.C, Amerika Serikat.

0 Comments:

Poskan Komentar