Rabu, 08 Juli 2009

Operasi Tanam Gigi di Mata Untuk Obati Kebutaan


Rekayasa medis berhasil mengembalikan penglihatan Martin Jones. Untuk kali pertama, pria 42 tahun tersebut bisa melihat wajah sang istri setelah mengalami kebutaan akibat kecelakaan kerja. Sebuah operasi dengan menanam bagian gigi ke matanya, membuat Martin mengalami keajaiban.

Operasi seperti yang dilakukan terhadap Jones itu terhitung langka, tidak lebih dari 50 kali di Inggris Raya. Menggunakan bagian gigi sebagai pengait lensa baru pada kelopak matanya. ''Saat dokter membuka perban, saya seperti melihat ke dalam air. Lalu saya lihat sesosok manusia. Itu adalah istri saya,'' kenang Jones takjub seperti dikutip Daily Mail kemarin (4/7). Memang, kala dokter memberi tahu ada kesempatan baginya untuk kembali melihat, Jones menyatakan bahwa orang pertama yang ingin dilihatnya adalah belahan jiwanya, Gill, 50.

Jones yang berasal dari Rotherham, South Yorkshore menikahi Gill empat tahun lalu. Sudah delapan tahun Jones kehilangan penglihatannya gara-gara dia ketumpahan satu bak aluminium panas, yang mengenai tubuh dan matanya.


Dia mengalami luka bakar di sekitar 37 persen tubuhnya dan harus mengenakan pakaian khusus selama 23 jam setiap hari. Mata kiri Jones juga harus diambil karena rusak. Namun, dokter berhasil menyelamatkan mata kanannya meski tak bisa digunakan untuk melihat. Pada kesempatan pertama, seorang dokter spesialis mencoba menyelamatkan indra penglihatannya dengan metode sel induk. Namun, upaya itu gagal.

Beruntung ada ''revolusi'' yang dilakukan oleh klinik mata Sussex di Brighton. Ahli bedah Christopher Liu menggunakan gigi yang masih berfungsi untuk menanam lensa baru. Pilihan ini dilakukan karena kemungkinan besar mata Jones menolak implan plastik.

Selama operasi, sebagian kecil gigi pasien diambil, dibentuk ulang, dan dipahat seperti bentuk lensa buatan manusia. Jadi, potongan kecil gigi itu diambil dari mulut Jones sendiri. Kemudian ditempatkan tepat di tengah mata. Bagian gigi itu ditanam di bawah kelopak mata, dimana bisa ditutup dengan jaringan kulit.

Potongan kecil kulit untuk melindungi lensa dari gigi itu diambil dari bagian pipi dan ditempatkan di dalam mata selama dua bulan. Secara berangsur akan mendapat suplai darah dari dalam. Bagian gigi tadi akhirnya dicangkok ke dalam rongga mata. Sementara kulit kelopak mata sebagian diangkat dan ditempatkan pada dasar kulit, di bawah alis, yang lebih kuat. Dokter juga membuat lubang pada kulit penutup kornea agar sinar bisa masuk ke mata.

''Hebat. Saya bisa melihat lagi. Saya tidak bisa menggambarkan dengan kata-kata. Selama 12 tahun saya buta. Ketika penglihatan saya kembali, semuanya sudah berubah,'' kata Jones. ''Mobil pertama yang saya lihat adalah Smart Car dan itu membuat saya tidak berhenti tertawa. Karena tidak pernah melihat itu sebelumnya,'' tandasnya.

Operasi yang dilakukan selama delapan jam oleh ahli bedah Christopher Liu ini diciptakan untuk membantu pasien yang mengalami buta kornea tapi tidak cocok dengan transplantasi kornea.

0 Comments:

Poskan Komentar