Senin, 20 Juli 2009

"Kaohsiung World" Stadion Tenaga Surya

Kaohsiung World Stadium di Taiwan yang nanti akan digunakan untuk pertandingan dunia 2009 (World Games 2009) mungkin bukan stadium pertama yang menggunakan panel surya sebagai sumber energinya tetapi Kaoshiung Stadium merupakan stadium pertama di dunia yang 100% menggunakan tenaga surya untuk seluruh kebutuhan di stadium.
http://www.cabangutama.com/upload/article/1217.jpg

http://blog.taiwan-guide.org/wp-content/uploads/kaohsiung-mrt-world-games-station.jpg


Stadion yang dibangun oleh perusahan Jepang Toyo Ito ini menggunakan 8.844 panel surya yang diletakkan di bagian atap dan berfungsi untuk menyalakan sekitar 3.300 lampu dan 2 buah TV ukuran raksasa.
Bila hari panas maka pasokan listrik yang dihasilkan akan melebihi kapasitas yang dibutuhkan sehingga pemerintah Taiwan berencana untuk menjual kelebihan pasokan listrik tersebut.

http://1.bp.blogspot.com/_RvighUDEBJk/Sh_BqP4jKfI/AAAAAAAAAXQ/ngCfDfN1bFo/s400/solar-stadium-world-games-2009.jpg

http://2.bp.blogspot.com/_RvighUDEBJk/Sh_Bp7cBuNI/AAAAAAAAAXI/lG0Auv6huUI/s400/solar-stadium-taiwan.jpg

Panel surya yang ada dapat menghasilkan pasokan listrik sebesar 1,14 juta kilowatts per jam (KWh) selama satu dan bila ditinjau dari segi lingkungan, setidaknya 660 ton gas karbondioksida bisa dikurangi setiap tahunnya. Pengetesan listrik sudah dilakukan bulan Januari kemarin dan butuh waktu lebih dari 6 menit untuk menyalakan seluruh lampu yang ada di area stadion. Yah iyalah, 3.000 gitu loh!!!

http://www.geocities.com/lukman_misbah/images/solar_stadium_taiwan_3.jpg

http://www.treehugger.com/solar-stadium-kaohsiung-taiwan-toyo-ito-photo.jpg

Terakhir, stadion ini dibangun dengan menggunakan bahan yang bisa digunakan kembali nantinya (resueable) serta seluruhnya menggunakan bahan yang diproduksi oleh Taiwan sendiri.

0 Comments:

Poskan Komentar