Senin, 20 Juli 2009

Water Building Resort Menghasilkan Air & Listrik Sendiri

Walaupun Water Building Resort yang didisain oleh Deurrutia masih sebatas konsep tetapi disain dan teknologi yang ada pasti membuat kita berdecak kagum dan bukannya tidak mungkin bangunan seperti ini akan segera hadir di muka bumi.
http://www.otakku.com/wp-content/uploads/2009/06/water_building_resort_4.jpg

http://www.justthebuzz.com/wp-content/gallery/water-drop-resort/water-building-resort_3_vexot_69.jpg


Dengan mengambil bentuk seperti sebuah tetesan air (water droplet), gedung ini bukan saja dapat menghasilkan sumber energi sendiri melalui panel surya yang ada tetapi juga bisa menghasilkan air.
Untuk memenuhi kebutuhan listriknya, di bagian sisi Selatan, dinding lapisan luar dipasang panel surya (glass photovoltaic) yang bisa menghasilkan energi listrik untuk kebutuhan listrik di gedung ini.
http://www.tuvie.com/wp-content/uploads/water-building-resort1.jpg

http://i41.tinypic.com/opg9g.jpg

Bagian Utara dibangun sebuah dinding berbentuk kisi-kisi (kattice) untuk "mengangkap" udara dan mengubahnya menjadi air bersih. Teknologi pengubahan udara menjadi air ini menggunakan teknologi TeexMicron.
Kebutuhan air bersih untuk gedung ini didapat dari 3 sumber yaitu udara, menyaring air laut dan menampung air hujan (rain harvesting).
http://www.gizmag.com/pictures/gallery/water-building-resort-7.jpg

http://www.justthebuzz.com/wp-content/gallery/water-drop-resort/water-building-resort_2_rskek_69.jpg

Konsep Water Building Resort ini sendiri bisa digunakan untuk hotel, restoran, aquarium raksasa yang terletak di bagian dasar, ruang pamer (exhibition hall) dan lainnya.

0 Comments:

Poskan Komentar