Kamis, 08 April 2010

Platipus Si Hewan Semi Aquatik

Platipus adalah hewan semi-akuatik yang banyak ditemui di bagian timur benua Australia. Walaupun Platipus bertelur tapi ia tergolong ke dalam kelas Mammalia karena ia menyusui anaknya. Platipus juga sering dikenal dengan nama duck-billed Platypus atau Platypus berparuh itik disebabkan bentuknya yang menyerupai bebek.

http://www.ansci.wisc.edu/jjp1/ansci_repro/misc/project_websites_08/thur/monotremes/platypus1.jpg


http://anakbebekbawel.files.wordpress.com/2008/05/evolution-platypus.jpg

Platipus termasuk binatang yang aneh dari kerajaan Animalia. Binatang ini Mammalia tapi bertelur (mayoritas Mammalia beranak seperti anjing, kucing, beruang, dan sebagainya). Platipus memiliki paruh yang seperti bebek dan kaki berselaput. Seperti halnya kangguru dan koala, platipus menjadi simbol fauna Australia dan dapat ditemui di koin 20 sen Australia.

http://files.landscape.webnode.com/200000069-885dd89579/platipus.jpg

http://www.sciencedaily.com/images/2008/05/080507131453-large.jpg

Temperatur tubuh platipus kira-kira 32oC. Temperatur ini lebih rendah dari kebanyakan Mammalia (sekitar 38oC). Tubuh platipus ditutupi bulu berwarna coklat yang menjaga agar tubuhnya tetap hangat. Kaki platipus berselaput seperti bebek. Platipus juga memiliki paruh seperti bebek. Paruh ini digunakan sebagai organ sensor.

http://dsc.discovery.com/news/briefs/20041025/gallery/platypus_zoom.jpg

http://blog.rifftrax.com/wp-content/uploads/platypus_j01.jpg

Berat platipus berkisar antara di bawah 1 kg sampai dengan lebih dari 2 kg. Panjang tubuhnya sekitar 30-40 cm dan panjang ekornya sekitar 10-15 cm (jantan) dan 8-13 cm (betina). Platipus jantan lebih besar hingga 3x betinanya. Platipus juga adalah hewan berbisa. Bisa ini digunakan dalam pertarungan perebutan wilayah atau pertempuran antar teman.

5 Comments:

sandy said...

mulutnya kayak bebek

Frestea Agasshi said...

tapi badannya kayak berang2....

Anonim said...

ekornya juga kaya berang"
jadi Platypus adalah gabungan dari bebek dan berang"

Anonim said...

alam tak pernah berhenti membuatku kagum....

Irham Abdul Azis said...

Terimakasih atas informasinya

irhamabdulazis271.student.ipb.ac.id

Poskan Komentar