Kamis, 08 April 2010

Minyak Kayu Putih Yang Berkhasiat

Minyak kayu putih (cajuput oil, oleum-melaleuca-cajeputi, atau oleum cajeputi) dihasilkan dari hasil penyulingan daun dan ranting kayu putih (M. leucadendra). Minyak atsiri ini dipakai sebagai minyak pengobatan, dapat dikonsumsi per oral (diminum) atau, lebih umum, dibalurkan ke bagian tubuh. Khasiatnya adalah sebagai penghangat tubuh, pelemas otot, dan mencegah perut kembung.

http://gundih.files.wordpress.com/2009/07/kayuputih5.jpg


http://wb8.itrademarket.com/pdimage/38/198238_flowerdistiller2.jpg

http://siraindonesianproducts.files.wordpress.com/2009/02/minyak-kayu-putih-cap-lang.jpg



minyak kayu putih yang bermutu akan tetap jernih bila dilakukan uji kelarutan dalam alkohol 80%, yaitu dalam perbandingan 1 : 1, 1 : 2, dan seterusnya s.d. 1 : 10. Dalam minyak kayu putih tidak diperkenankan adanya minyak lemak dan minyak pelican. Minyak lemak merupakan minyak yang berasal dari hewan maupun tumbuhan, seperti lemak sapi dan minyak kelapa, yang mungkin ditambahkan sebagai bahan pencampur dalam minyak kayu putih.

http://www.dragonpf.com/images/minyak_kayu_12.jpg

http://burukab.go.id/web/images/buru/minyak%20kayuputih.jpg


http://3.bp.blogspot.com/_AHYnEAj2rcY/Snw7g5uVEMI/AAAAAAAAACY/hyni-30wsU8/s320/minyak_kayu_putih.jpg

Minyak ini mengandung terutama eukaliptol (1,8-cineol) (komponen paling banyak, sekitar 60%), α-terpineol dan ester asetatnya, α-pinen, dan limonen.M. quinquenervia dilaporkan juga menjadi sumber minyak atsiri yang dinamakan sama.Minyak kayu putih banyak menjadi komponen dalam berbagai salep dan campuran minyak penghangat. Salep macan dan minyak telon diketahui menggunakan minyak kayu putih sebagai penyusunnya.