Rabu, 07 April 2010

Michelle Yeoh

Michelle Yeoh memiliki nama panjang Dato Michelle Yeoh Choo-Kheng, lahir di Ipoh, Perak, Malaysia, 6 Agustus 1962. Ia dikenal sebagai aktris dan penari keturunan China-Malysia yang pernah tercatat dalam daftar 50 Most Beautiful People in the World 1997 di majalah People.

http://laura1318.files.wordpress.com/2008/07/michelle-yeoh.jpg


Selain itu Yeoh memiliki berbagai potensi di bidang olahraga, Ia pernah mengikuti kejuaraan tingkat nasional untuk cabang olahraga squash, renang dan menyelam pada masa remajanya.
Dia kemudian pindah ke Inggris, Yeoh mendapat gelar BA dari London's Royal Academy of Dance dengan spesialisasi menari dan juga sempat belajar drama di tempat yang sama. Yeoh awalnya terlibat dalam pembuatan iklan bersama Jackie Chan, menyusul penggarapan iklan kedua dengan Chow Yun-fat dan sebuah kontrak pembuatan film OWL VS. DUMBO (1985), film action-comedy yang dibintangi sekaligus disutradarai oleh Samo Hung. Film selanjutnya, YES, MADAM! (1985), membawa Yeoh menjadi bintang laga wanita nomer satu di Asia.

http://cm1.theinsider.com/media/0/84/47/michelle_yeoh_elie_saab_show_2.0.0.0x0.608x912.jpeg

Dedikasi dan kemauan untuk bekerja keras mambawa Yeoh berkesempatan berakting dalam sejumlah film laga, EASY MONEY (1988), POLICE STORY 3: SUPERCOP (1992), THE HEROIC TRIO (1992), TAI-CHI MASTER (1993) dan PROJECT S/ONCE A COP (1993). Pada 1996, Yeoh tampil di perfilman Hollywood dengan filmnya SUPERCOP. Film tersebut berhasil masuk dalam jajaran film box office AS. Menyusul film THE STORY OF STUNTWOMAN AH KAM, sebuah kisah reflektif tentang stuntwoman ternama di perfilman Hong Kong.

http://www.icicom.up.pt/blog/take2/michelle_yeoh.jpg

Ia juga pernah tampil sebagai salah satu Gadis Bond dalam film James Bond ke-18, TOMORROW NEVER DIES (1997), bersama aktor kawakan Hollywood, Pierce Brosnan.Menyusul filmnya SONG JIA HUANG CHAO (THE SOONG SISTERS, 1997), kisah epik tentang permasalahan dalam sejarah Cina yang berlangsung pada pertengahan abad ke-20. Namun, Badan Sensor Pemerintah Cina menghentikan perilisan film tersebut, walaupun sebelumnya mereka telah menyetujui naskah film tersebut. Film tersebut baru dapat beredar setelah mendapat banyak pengguntingan di sana-sini.

http://i92.photobucket.com/albums/l30/haley-o/Cheaty%20Gossip/MichelleYeoh.jpg

Berikutnya Yeoh dalam film TWIN WARRIORS (1999) dan film peraih Oscar CROUCHING TIGER, HIDDEN DRAGON (2000) arahan sutradara Ang Lee. Yeoh berhasil menampilkan akting terbaiknya sebagai Yu Shu Lien, yang menjalin cinta rahasia dengan Li Mu Bai (Chow Yun-Fat), seorang pensiunan master bela diri. Yeoh berhasil mendapat dua nominasi sebagai Aktris Terbaik, termasuk pujian pada ajang BAFTA Awards dan Hong Kong Film Awards tahun 2000.

http://moviemusicnews.com/celebrity/images/4/40/Michelle_Yeoh.JPG

Yeoh kemudian bermain dalam film yang masuk daftar film Berbahasa Asing Terbaik Academy Awards 2002, THE TOUCH, film ini merupakan film laga-romantis. Pada film SILVER HAWK (2003), ia memainkan karakter aktivis sekaligus pahlawan yang berusaha menangkap penjahat asal Inggris (Luke Goss) yang menyulik ilmuan Cina (Chen Daming) karena telah menemukan suatu teknologi mutakhir. Sementara dalam film MEMOIRS OF A GEISHA” (2005), Yeoh tampil sebagai aktris pendukung.

5 Comments:

paimin said...

isa ga yaw jd istrinya?!

Anonim said...

goblok!! suaminya

Anonim said...

bisa kok mas pay...

Anonim said...

dia udah jd sitri simpanan ku....jangan pada ribut gt dong..hehehe

Anonim said...

ayam

Posting Komentar