Rabu, 02 September 2009

10 Seni BelaDiri Terbaik

10. Judo, Jepang


Judo ditemukan atau didirikan oleh Kano Jigoro, yang sering diganggu pada masa kecilnya, sekitar 1860 sampai 1870. Dengan mengambil berbagai kemampuan dasar beladiri yang berkembang, Kano menambahkan teknik lemparan untuk menciptakan Judo.


Arti kata Judo adalah “jalan lembut” yang berarti, menggunakan kekuatan lawan untuk melawan dirinya sendiri. Karena prinsip inilah, maka Judoka tidak harus lebih kuat daripada lawannya. Fokus utama Judo adalah melempar dan kuncian tanah, daripada memukul atau menyerang.

9. Aikido, Jepang


Aikido diperkenalkan pada awal 1900an, dengan para pengikutnya belajar untuk menggunakan kekuatan dan energi lawan untuk menjatuhkan mereka. Para murid diajarkan untuk tetap menjaga kondisi penyerangnya, dan diajarkan untuk melumpuhkan tanpa melukai.

Penggunaan senjata juga sering ditemui dalam aikido, dan para pengikutnya diajari untuk bertahan melawan tongkat, pedang dan bahkan pisau. Pendiri Aikido, Morihei Ueshiba, berkata bahwa untuk menjadi pengikut Aikido yang sukses, para murid harus “menerima 99 % serangan lawan dan menatap wajah kematian tanpa takut.”

8. Krav Maga, Israel


Beladiri wajib pengawal presiden Israel, seni bela diri ini tanpa aturan, dan keras. Bela diri ini tidak pernah dilatih untuk olahraga, karena benar-benar ditujukan untuk menghancurkan penyerang dengan berfokus pada area vital lawan, misalnya selangkangan dan mata, dan bahkan mengijinkan penggunaan kepala sebagai senjata dan berbagai benda yang ada sebagai senjata. Pendekatan bela diri ini dibagi tiga langkah: Hadapi ancaman, cegah lawan untuk melakukan serangan kedua, dan netralkan lawan.

7. Jujutsu, Jepang


Ketika samurai Jepang kehilangan semua senjata, mereka akan beralih ke penggunaan Jujutsu (seni lembut). Jujutsu berkembang dengan berfokus pada lemparan, kuncian dan menggulingkan diri. Tapi tidak seperti bela diri lain, Jujutsu lebih banyak bergerak ke “apa aja boleh”.

Secara tradisional, para murid diajarkan berbagai taktik “curang” seperti mencolok mata, menggigit, yang jika digunakan dengan tepat, dapat membunuh lawan. Bela diri ini sangat efektif jika digunakan pada pertempuran jarak pendek.

6. Ninjutsu, Jepang


Beladiri misterius ini biasa digunakan oleh kaum pembunuh dan para pejuang gerilya Jepang. Ninjutsu mengajarkan berbagai cara untuk mengejutkan lawan dan mengalahkan lawan, dengan arah perkembangan untuk membunuh. Selain kaki, tangan, berbagai senjata diajarkan juga, termasuk teknik menyelinap dan melarikan diri secara efektif.

5. Tae-kwondo, Korea


Tae-kwondo memiliki arti “jalan kepalan dan kaki”. Beladiri ini berkembang pesat setelah era PD II, ketika Jepang mengakhiri pendudukan atas Korea. Bela diri ini terkenal atas tendangannya yang mencengangkan, dan menggabungkan antara kemampuan fisik dan kekuatan mental. Pemengang sabuk hitam beladiri ini mencapai 3 juta orang di seluruh dunia.

4. Kung fu, Cina


Bela diri cari Cina ini berarti secara harfiah: Kesuksesan yang diraih dengan jalan yang berat dan panjang, dan merupakaan beladiri paling tua di dunia. Semenjak diperkenalkan oleh Kaisar Huangti, 2,698 sebelum Masehi, telah berkembang puluhan ribu aliran Kungfu.

Secara tradisional, beladiri ini diajarkan oleh para biksu Shaolin, dengan penekanan utama pada moralitas dan filosofi, dimana nilai kerendahan hati, kepercayaan, dan kesabaran, serta penghormatan diutamakan.

3. Karate, Jepang


Diturunkan dari kata yang berarti “tangan kosong”, Karate diperkenalkan sebagai beladiri tanpa senjata. Berbagai teknik Karate diperkirakan berawal dari tahun 1300-an, walaupun penulis “10 Precepts of Karate”, Anko Itosu, bapak karate modern, menuliskan buku tersebut pada tahun 1908.
“Karate adalah teknik yang mengubah tangan dan kaki menjadi tombak” demikian tulis Anko. Pada buku tulisan Anko, karate dapat dipakai sebagai,”… cara mengindari perkelahian jika dihadang penjahat.”

2. Brazilian Jiu-jitsu, Brazil


Walaupun didirikan di Brazil, pendiri bela diri ini adalah Mitsuyo Maeda, seorang petarung dari Jepang, yang memenangkan lebih dari 2000 pertandingan dan dianggap sebagai manusia paling tangguh.
Maeda bertemu dengan keluarga Gracie di Jepang pada tahun 1914, dan semenjak saat itu juga keluarga Gracie dianggap sebagai keluarga pertama beladiri ini. Penekanan pada lemparan dan groundwork menjadikan olahraga ini populer di kalangan pengguna olahraga campuran.

1. Muay Thai, Thailand


Mirip sekali dengan kickboxing, tapi bedanya, pukulan di bawah sabuk, siku dan dan lutut semua boleh dipergunakan. Muay Thay susah sekali diperkirakan kapan tepatnya lahir, tapi berbagai elemen dari beladiri ini dapat ditemui di beladiri Jepang dan India.

Popularitas beladiri ini mulai muncul pada tahun 1800-an. Secara tradisi, bela diri ini sangat terstruktur, dengan berbagai ritual yang menunjukkan penghormatan kepada lawan.

Sekarang beladiri ini lebih berfokus sebagai penggunaan badan sebagai senjata, kepalan, tulang kering, siku, lutut, dan berbagai hal lain untuk mengalahkan lawan. Inilah yang membuat bela diri ini berharga, karena semua bagian tubuh dapat digunakan sebagai senjata.

53 Comments:

Mas Ari said...

Salam damai...

Maksudnya terbaik itu tolak ukurnya apa? Mungkin lebih tepat jika judulnya 10 beladiri terpopuler.

yosbeda said...

sayang bgt pencak silat ngga masuk ya

Anonim said...

Gan, beladiri terbaik adalah ambil langkah seribu alias kaburrrr...hehehe.

rezha said...

parkourr juga termasuk beladiri kok gankrn basic ilmunya adalah escaping ya sy rasa cocok aja itu di bilang ilmu bela diri hihihi,,
lebih baik pakai pendekatan yang verbal menuju ke perdamaian,jadinya PISS...

Anonim said...

betul tuh, lebih tepatnya yg terpopuler bukan yg terbaik, baik tidaknya kan bukan dilihat dari jenis beladirinya tp individu yg menguasainya

Circle 888 said...

Lho, silat nggak masuk? Yang terbaik, tenaga dalam, lawan menyerang semua terpental tanpa disentuh. Ok?

hizam said...

apaan tuh....
10 bela diri kelas kacang.!!!!

gua tiup juga bental...

Anonim said...

Terbaik menurut versi mana tuh? ini ngarang sendiri atau berdasarkan fakta?

Anonim said...

MENURUT GW PALING BAGUS KAYAKNYA TUH PENCAK SILAT DAH, TRUS KEDUA CAPPUERA( EDDIE TEKKEN KHAN CAPPUERA JUGA ).

Anonim said...

waduhhh kenapa shaolin urutan ke 4 kanjurusnya banyak, apalagi jurus totokan, wuih berbahaya tuh

Anonim said...

gak ada beladiri yang lebih baik dari dkk...mau kungfu,karate ato apalah kalo yg namax lawan cs-an,pasti babak belur....benar nggak

Anonim said...

ga kebalik tuh bang urutan'y..
survei dunia shaolin nomor 1 paling populer
sedangkan thai booxing nomor 6..

Restu said...

aspek apa aja yang dinilai dari 10 beladiri terbaik di atas , , , , ,????
padahal beladiri ngga bisa dibanding2-kan , , , , , , , ,

Anonim said...

Betul Gan, beladiri gak bisa dibandingkan siapa yang terbaik dan siapa yang terburuk tergantung tingkat penguasaan individunya terhadap beladiri tersebut

Anonim said...

salahhhh juduuuullllllllllllll !!!!!!!!

Anonim said...

Koq g ada kempo... kempokan ibu dari semua beladiri....

Anonim said...

bela diri paling baik itu pake pistol aja, efektif.

Anonim said...

kok aikido nomor 9 ?

Peter said...

beladir terbaik itu ya ga usah cari masalah...beres khan...???

leonidas said...

gk ada beladiri terbaik di dunia..!
Semua tergantung individu masing2..
Gw za yg udh black belt karate n taekwondo g bsa blg beladiri gw yg trbaik..!

sad said...

guoweigang Water clocks did not depend on the observation of the sky or the thomas sabo sun. The earliest water clock was discovered in the tomb of Amenhotep I who was buried around thomas sabo online shop deutschland 1500 B.C. Greeks called them clepsydras ; they were stone boxes with sloped sides that allowed water to drip thomas sabo anhänger at an almost unceasing rate from a small hole in the bottom.Other clepsydras were cylinders or thomas sabo charm club anhänger bowl formed engineered to slowly fill up with water coming in at a near sustained pace. Markings on the thomas sabo anhänger günstig inside of the bowl marked the passage of the hours. Though this was employed primarily angebote thomas sabo anhänger at night, it is thought they were utilized in the day hours too. A metal bowl with a hole the bottom was placed in a bigger bowl crammed thomas sabo charm with water.It would fill and then sink in a certain quantity of time.Since water flow was not exactly predictable sabo charms and difficult to control the flow accurately, timepieces that depended on water were very inadequate. People sabo charm were drawn to develop more accurate ways of measuring and telling time.The development of quartz crystal clocks and timepiecesthomas sabo anhänger sale depended on the crystal size, shape, and temperature to create a frequency.

Anonim said...

hm..........
semua terbaik koq.
tergantung kitanya dalam menggunakn.

Anonim said...

makasih infonya, silat keren di indonesia,
yg penting punya beladiri kan buat ngelindungin diri,

Anonim said...

payah gg ad silat....

Anonim said...

Klo dinilai dari efektifitasny dalam banyak situasi yg masuk itungan cuma judo, bjj sama muay thai. Yg lainny cuma efektif dlm situasi2 trtentu. Klo 10 pilihan gw: judo, muay thai, bjj, gulat, silat, kungfu, tinju, jjj (trad. japs jujitsu), tarung derajat (well, maybe), military cqc (close quarter combat).

Anonim said...

kayaknya beladiri dari para suporter bola indonesia deh yg terbaik...T.A.W.U.R.A.N,..dijamin lawan pada mabur..hhe

Anonim said...

semua comnt nga ada yg berbobot

Anonim said...

semua comnt salah abiz,nga ada yg berguna

wasmantoaira said...

bela diri paling ok yaa beladuren (belah duren)

APRIYANTO said...

seharusnya Shorinjikempo yang ke-1 bru dah lo mw ksih apa aja stu dr 2-10 trsrah...... OK COY....

Anonim said...

pencak silat kok gk di masukkan sih,, gk asik tuh.,., padahal kemerdekaan indonesia juga karena pendekar" silat terdahulu...

Anonim said...

waduuuhhhhh duh duh duh .... kalau ngasih info yang bener donk, jangan seperti politikus yang dimenangin cuma kelompoknya doank. masih banyak tuh bela diri yang hebat seperti kempo, kapuera, silat, dll ... dkk ... dst. ape pengetahuan lho cuma segitu doank. jangan ngarang-ngarang lho. ntar kena kepret mencret lho.

Anonim said...

menurut mbah yang paling hebat beladirinya dukun santet dan dukun pelet, sekali sembur langsung glundung, he he he .... ayo siapa yang mau belajar sama mbah.

Muhammad Nur Ridho Siregar said...

yang nomor satu seharusnya SILAT.

Fian said...

dalam beladiri tak ada yang terbaik,. semua tergantung dari diri sendiri.

Anonim said...

klo menurut pengamatan saya sich beladiri terbaik n terhebat tu milik indonesia,,,,pencak silat,,,ya kan...

Anonim said...

silat ke mana ya?? itu karena para pengikut silat masa kini sudah lupa akan filosofi silat sendiri. pemuda silat sekarang berbeda dengan pendekar pada jaman dulu.

Anonim said...

emang silat bagusnya apa ...kok pada bilang silat bagus

Anonim said...

Jawaban daru pertanyaan Anonim 11 Oktober 2011 pukul 15:11

Pertanyaan
emang silat bagusnya apa ...kok pada bilang silat bagus

Jawaban
satu serangan dengan menggunakan jari, hasilnya, mati kau!!!

Anonim said...

Semuaya kembali kepada pribadi masing-masing. Jika seorang praktisi beladiri sudah mengetahui dan memahami apa arti yang sebenarnya dari beladiri yang diikutinya, maka insya allah seorang praktisi beladiri itu akan menjadi praktisi beladiri yang hebat hebat.

(Itu menurut kakak seperguruan saya dan digabungkan dengan pendapat dari saya sendiri)

Indra Bastian said...

dasar artikel ini apa.. ?
menurut saya bela diri terbaik adalah, bela diri yg jurus nya mudah di terima secara logika.. dan kita tidak ragu untuk mengeluarkan nya di saat bertarung di dunia nyata ( jalanan ) .. Tarung Derajat misal nya ^_^

Anonim said...

box..kang
betul tuh kang
salam kenall,,

Admin said...

Artikel MENARIK Lainnya:
==> Anggota DPR Kepergok Nonton Film Porno Saat Sidang
==> Kontes Vagina Terindah
==> Vagina Terkuat di Dunia
==> 5 Wanita Ber-Vagina Ganda
==> Kontes Payudara Terindah dan Terbesar
==> Payudara Bisa Besar & Montok Hanya Dengan Makan Tahu Tempe
==> ABG Bugil Digilir Dan Dijepret Kamera
==> Foto Hot Bugil Mahasiswi Yogyakarta
==> Foto Hot Semi Bugil Nikita Mirzani
==> Pernikahan Unik dengan Kondisi Bugil
==> Foto Reuni Para Model Majalah Playboy
==> Misteri Kutukan 600 Model Wanita Majalah PlayBoy
==> Alasan Kenapa Cewek Lebih menyukai Cowok Playboy
==> 10 Foto Nakal Artis Indonesia Yang Menghebohkan
==> Kisah-kisah Artis Porno Terkenal di Dunia
==> Bintang Porno yang Jadi Guru
==> Video Porno Sunny Leone Dengan Mantan Pacar
==> Beginilah Cara Dokter Mengukur Lubang Vagina Dari Operasi Keperawanan
==> Pemuda Tewas Setelah 42 Kali Masturbasi Dalam Semalam
==> Bos Playboy Ternyata Maniak 'Daun Muda'
==> Koleksi Foto Cewek Cantik Berdada Besar
==> Foto Hot & Sexy Baby Margaretha Memakai Bikini Terbaru
==> Foto Seksi & Hot Aulia Sarah "Artis Pemeran Nada di Sinetron Pesantren Rock n Roll"
==> Foto Nakal Vanessa Angel Merokok dan Cium Cewek (Lesbi)
==> BeHa Ayu Tingting Melorot di acara DAHSYAT
==> Biadab, Belasan Santriwati Dicabuli Hingga Hamil Oleh Sang Guru

Persetan said...

indonesianya mana....

Anonim said...

sebaik apapun menurut kalian ...klo dkedip mata ud gak bisa ngeluarin jurusnya palagi bergerak
hmmmmmmmmmmmmmm ..............
gw rasa blom terbaik tuch " mo coba

Anonim said...

jurus DUIT No. 1 & yg terbaik...!!!
bisa nyewa guru dari setiap seni beladiri jd pengawal...!!!
bisa beli senjata dari ketapel sampe senjata PEMUSNAH MASSAL...!!!
bisa nyewa DUKUN & Nyi Roro Kidul utk KEBATINAN...!!!
bisa nyewa perempuan buat para lelaki hidung belang yg ada disini biar keok semua...
apalagi sih yg kurang selain DUIT...???!!!

Aryansyah Smantis said...

Silat yang no.1

Dhany_Lee said...

Walaupun saya seorang karateka, tapi saya berharap silat itu no 1....I love budaya Indonesia, n saya berharap saya dapat mempelajari silat suatu saat...hidup silat Osh

Dhany_Lee said...

Silat tetap no . 1

Obat Glaukoma Herbal said...

Silat ga termasuk nih....hmm

Anonim said...

wing chun lah yg no.1 liat aja di film ip man. 10 karateka black belt di hajar sama dia

Anonim said...

SILAT adalah seni beladiri yang terkuat di dunia...
apalagi dengan namanya pencak silat bathin,,, aliran apa yang mampu melawannya.. TAKKAN ADA

Anonim said...

Tarung Derajat g masuk niii....

Poskan Komentar