Minggu, 13 September 2009

Parasit Pemakan Lidah Ikan

Cymothoa exigua atau kutu pemakan lidah adalah sejenis parasit Crustacea, ukurannya berkisar antara 3-4cm. Parasit ini menempel pada bagian dasar lidah ikan dengan masuk melalui insang.
http://www.tunardy.com/wp-content/uploads/2009/01/louse3.jpg


http://www.seanbluestone.com/images/animals/parasite_fish_tongue.jpg

http://nontroppo.org/blog/images/isopod2.gif
Jika parasit ini menempel pada lidah ikan maka kemudian akan mulai mengambil darah melalui cakar yang terdapat di bagian depan kakinya, sebagai parasit 'Cymothoa exigua' tumbuh dengan mengambil darah dari inangnya hingga lama kelamaan oragan tersebut kekurangan darah.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmWavHxBYpMc1WiffYAfWLhoRDAlZ-oJRmZ0lfLUqu_p3WYnPrf1l1cT6WGl9Fdg7_oa-rPXC8q0j0WHICUdRVU9865m6CXv-ZbpLH9lv3MMGnn8w7bnTyRnmLS_Fnr0PK3-EX8z2xeCA/s400/DSC_8935.JPG

http://www.practicalfishkeeping.co.uk/pfk/images/stckxchange_tonguelouse.jpg

http://dsc.discovery.com/news/briefs/20050912/gallery/tongueeater2_zoom.jpg

Ketika darah dari organ tersebut habis maka parasit Cymothoa exigua akan melampirkan tubuhnya sendiri pada otot2 lidah tersebut dan bekerja menggantikan lidah y ang telah kekurangan darah. Tampak bahwa parasit tidak menyebabkan kerusakan lain pada ikan, ini adalah satu2nya kasus parasit yang menggantikan fungsi oragan dari inangnya.

3 Comments:

dhian said...

owww.....gt to,,,!!!!

wahh...jd b'tmbah ne,,pengethuan quw...

.thanks.

entep said...

serem bener..

Anonim said...

hiii untung gak bisa makan lidah manusia ya, ngeri nih

Posting Komentar