Senin, 28 September 2009

Lantunan Harpa

Harpa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Harp adalah merupakan jenis alat musik petik. Seringkali alat musik ini diilustrasikan bersama dengan para malaikat. Bentuknya tinggi, umumnya berwarna emas, dan memiliki senar. Biasanya berbentuk dasar segitiga. Seringkali hadir bersamaan dengan orkes simphony, bersamaan dengan suara vokal, suara flute, atau bisa juga dengan jazz bass dan drum.

http://asiaaudiovisualexc09astiningsih.files.wordpress.com/2009/06/harpa_irlanda.jpg


Sebuah harpa dapat dimainkan baik dengan tangan, ataupun dengan tangan dan kaki, seperti yang ditemui pada pedal harp. Harpa dapat dimainkan secara solo, atau bisa juga dalam bagian sebuah ensemble.

http://ocepkatoke.files.wordpress.com/2009/06/daud-main-harpa-untuk-raja-saul.jpg

http://www.catur.com/front/components/com_joomgallery/img_originals/meja_catur_2/tipe_harpa_30/tipe_harpa_20090814_1878050594.jpg

Namun lepas dari keseluruhan itu, baik dimana ataupun bagaimana harpa dimainkan, Harpa dapat menciptakan sebuah dentingan yang sangat indah.

http://defencedebates.files.wordpress.com/2009/04/harpa.jpg

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi21RjsPNmrJ5ck0VI7w_4rvezxwMpUJR-zzI_dmPDDHcpxSyyFHXGNlhtGmAIzKssrRszCEeFImAuIXKbx0jSG7I5acrbCTSjsZCs1QKlKfRXw9UKTNplPe9-ie5Fm-i3ypuBXU9nDzz-O/s320/maya.jpg

Harpa memiliki berbagai jenis variasi bentuk, ukuran, dan berat. Namun kesemuanya itu tetap memiliki tiga bagian utama, yaitu:

1. Papan suara (Sound board)
2. Leher (Neck)
3. Senar (String)

Harpa Modern biasanya berbentuk triangular. Variasi ukuran sebuah harpa bisa mencapai dua kaki (60 cm) hingga enam kaki (180 cm) dan memiliki 22 sampai 47 buah senar. Harpa dengan ukuran yang lebih kecil bisa dipangku sambil dimainkan. Sedangkan yang berukuran besar biasanya diletakkan di lantai.

http://www.tabloid-nakita.com/photo/05245teropong.jpg

Harpa dapat ditemui dengan bentuk dan ukuran yang lebih variatif dibandingkan dengan alat musik/ instrumen lain. Harpa merupakan salah satu intrument yang tertua, dan konon telah digunakan sejak zaman Mesir kuno, dan untuk jenis Harpa yang terbaru, adalah Harpa Elektrik.

0 Comments:

Posting Komentar