Sejarah vespa dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya 1884. Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Bisnis Rinaldo dimulai peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.
Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah. Enrico memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakat Italia. Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya Piaggio.
D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.
Maka pada 1945, konstruksi alternatif tersebut ditemukan. Awalnya memang sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur. Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya, pabrikan yang kala itu masih terbilang sebagai usaha ''kaki lima'' merancang papan penutup kaki pada bagian depan. Proyek ini langsung dipimpin oleh Corradino d'Ascanio. Karena itu, hak paten pun segera dapat mereka kantongi.
Hasilnya, muncullah pertama kali produk motor dengan seri MP5. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik, bagai binatang penyengat (lebah/tawon) karena bentuk kerangkanya. Namun, karena bentuk penutup pengaman yang bagai papan selancar itu, sejumlah pekerja di pabrik Piaggio pun bahkan mengatakannya sebagai motor Paperino. Harap diingat, Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck (bebek). Maka, d'Ascanio pun putar akal untuk memperbaiki model tersebut.
D’ascanio hanya membutuhkan beberapa hari untuk mengonsep ulang bentuk desain kendaraannya dan prototipnya diberi nama MP6. Saat Enrico Piaggio melihat protototip MP6 itu, ia secara tak sengaja berseru “Sambra Una Vespa” (terlihat seperti Tawon). Akhirnya dari seruan tak sengaja itu, diputuskan kendaraan ini dinamakan ‘Vespa’ (tawon dalam bahasa Indonesia). Pada April 1946, prototip MP6 ini mulai diproduksi masal di pabrik Piaggio di Pontedera, Italia. Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu.
Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India -- selain di pasar domestik produk ini laku bagai kacang goreng. Selain itu, India pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.
Pada saat itu banyak negara lain yang mencoba membuat produk serupa, tetapi ternyata mereka tak sedikit pun mampu menyaingi Piaggio. Di antara pesaing itu adalah Lambretta, Heinkel, Zundapp, dan NSU. Bagi masyarakat Indonesia, produk Lambretta dan Zundapp, sempat populer di era 1960-an. Selidik punya selidik, fanatisme terhadap Vespa ternyata muncul akibat ciri dasar bentuk motor ini yang selalu dipertahankan pada setiap produk berikutnya. Bahkan saat mereka terbilang melakukan ''revolusi'' bentuk pada produk baru, Vespa 150 GS, kekhasan pantat bahenol masih terasa melekat.
Produk 150 GS -- kala itu dikenal sebagai Vespamore dan hampir selalu tampil di tiap film tahun 1960-an -- memang kemudi dan lampu sorotnya mulai dibuat menyatu. Tetapi, secara keseluruhan apalagi bentuk pantatnya, benar-benar masih membulat. Dan cerita terus berlanjut saat ini dengan model generasi baru Vespa, mempersembahkan Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo dan Vespa PX150. Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang Italia.
64 Comments:
keren ini infonya... amju terus eksplorasi dunia
kereen
wahh ternyata vespa banyak motifnya juga ya...
cukup unik dan legendaris,,,!!!
sipp dech...
apalagi jaman sekarang dah cukup banyak club vespa yang unik-unik....
bagus nie motif vespa...
paling habis berapa y?
waahh ternyata klo di modifikasi motor vespa keren juga ya...
sipp dech...
Sekarang motor vespa memang sudah melegenda dimana" ,,,
hhmmm,,,
motor vespa memang bagus cuma saya tetap saja saya kurang suka,,,
modif vespanya keren bgt. romantis bgt kyaknya
vespa memang kereeeeeennn bgt !! msih bnyak pemakainya smpai skarang.
hidup vespa !!
gan, link balik ya
ichh..
jadi pengen boncengan lagi pake vespa
berlegenda bener nih gan , mantap abis vespa sampai sekarang juga masih ada jya gan
wis pada mantap bener nih vespanya, aku jadi pengen beli nih vespanya, makasih banyak atras infonya
kerennnn
antik bgt vespanya...
wow,,,, sungguh menarik
yapsss..
vespa memang unik dan romantis :)
pesva yang sangat legen daris banget nih, hehe, makasih banyak atas infonya gan, sukses selalu gan
wih ternyata vespa keren juga y...
kalo sekrang pasaran berapa y??
menarik mas infonya..
good
sip mas..
thanks infonya..
salam kenal..
saya juga suka klo boncengan pke vespa. tapi paling ogah klo udah mulai mogok. hihi
keren..
thanks infonya ..
salam kenal ja
kerennn...
jadul-jadul juga klo di modif lagi mkin bagus..
mksih bnyak infonya
jadi pngen juga punya vespa.. romantis dahh !! hihi
gaya-gaya retrooo
kayanya kalo pacaran pake motor vespa kelihatannya romantis bngt nie,,,
v sayang ank remaja zaman sekrang kaya yang gensi gtu
saya perhatikan teryata nie vespa keran juga,,,,
saya baru sadar,, hehe
vespa yang warna ungu ok juga nie....
hahaha.... motor pertama babeh saya nie...
v sayang karang sii nx eva cssi ungu dah babeh jual,, hehe
sip..
good artikelnya..
unik bgt vespanya.,,,,
legendaris skali,,,,,
kerennn...
mksih bnyak infonya
antik" vespanya...
sip..
thanks infonya
keren..
thanks infonya ..
salam kenal ja
pengen deh pke ntor vespa yg legendaris sma pacar
hehehe
weh weh weh.... motor pertama bapa sya nie,, hehe
sip mas..
thanks infonya..
salam kenal..
wis pesvanya pada mantap sekali niiih,,,
makasih banyak atas infonya yah
menarik mas infonya..
good
skuternya pada keren gilaa nii
koleksinya di perbanyak lagi dongg :)
keren pisannn euy skuternya :)
jadi kabitaaaa
xixixixixi :):):)
poto skuternya pada bagus eum :)
jadi pengen boncengan lagi pake vespa
salam kenal ja mas
keren..
thanks infonya ..
salam kenal ja
jadi ngiler lhai yang antik2,pingin nunggangin
sekarang sudah ada model vesva yang baru,sehingga yang lama semakin antik
gak tahu kenapa kalau lihat vespa itu koq bawaannya romantisss aja... :)
salam kenal
krenn" tuh vespanya..
mantap gan infonya kalo ada waktu maen yaa ke blog ane di http://pleredvespaclub.blogspot.com ane lagi belajar ni gan mohoh keritikannya.
aku pernah punya vespa sangat mantap gabugn ama grup vespa nyantayyyy abiis....
trima kasih atas informasinya semoga makin sukses semuanya
kt mutiara : "Sesuatu yg sulit ketika kamu harus tersenyum, hanya karena kamu tak ingin menjelaskan pada orang lain mengapa kamu bersedih."
"Emosi tidak akan membimbingmu pada suatu pemikiran atau tindakan positif. oleh sebab itu tenangkan dirimu."
""Sukses berarti melakukan yg terbaik yg kita bisa dengan apa yg kita miliki. Bukan dengan menginginkan apa yg orang lain miliki. ""
""Kamu tak akan bisa mendapatkan yang kamu inginkan jika kamu terlalu sibuk mengeluhkan apa yang telah kamu miliki. Bersyukurlah!""
Tuhan memuliakan mereka yang mau bekerja keras. Dan modal utama untuk keberhasilan adalah kerja keras yang diiringi doa.
vespa emang keren bro...HIDUP VESPA.....kern yakin
vespa ajaib tk kaya low lum punya vsp
my sco is love ..aku punya pacar kedua vespa namanya bodinya bohai pinggulnya seksi
Posting Komentar