Minggu, 08 Agustus 2010

Vespa Yang Legendaris

Sejarah vespa dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya 1884. Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Bisnis Rinaldo dimulai peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.

http://i102.photobucket.com/albums/m96/charlybrwn134/enrico20piaggio.jpg


http://www.pacificscooters.com/img/products/vespa-px150-scooter_lg.jpg

Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah. Enrico memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakat Italia. Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya Piaggio.

http://newcarnetworks.com/wp-content/uploads/2009/02/vespa.jpg

http://myvespa.files.wordpress.com/2006/10/vespa-wed2.jpg

D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.

http://3.bp.blogspot.com/_cPwqhoOxPYs/SXbqaRhhB8I/AAAAAAAAAAw/5hU23vL9HhY/S660/PiaggioVespa150Super051.JPG

http://www.vespags.it/wp-content/uploads/2009/03/vespa.jpg

Maka pada 1945, konstruksi alternatif tersebut ditemukan. Awalnya memang sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur. Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya, pabrikan yang kala itu masih terbilang sebagai usaha ''kaki lima'' merancang papan penutup kaki pada bagian depan. Proyek ini langsung dipimpin oleh Corradino d'Ascanio. Karena itu, hak paten pun segera dapat mereka kantongi.

http://panakleak.com/ini-gambar/vespa_150.jpg

http://www.italiaspeed.com/2006/cars/other/piaggio/04/vespa_60th/vespa_lx_60_1.jpg

Hasilnya, muncullah pertama kali produk motor dengan seri MP5. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik, bagai binatang penyengat (lebah/tawon) karena bentuk kerangkanya. Namun, karena bentuk penutup pengaman yang bagai papan selancar itu, sejumlah pekerja di pabrik Piaggio pun bahkan mengatakannya sebagai motor Paperino. Harap diingat, Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck (bebek). Maka, d'Ascanio pun putar akal untuk memperbaiki model tersebut.

http://1.bp.blogspot.com/_53B3Ekg6HXc/S9VnbB_9zLI/AAAAAAAAA2Q/bP_eQmHwjEc/s400/00Vespaheader%5Bgeghans%5D.jpg

http://setitikcahaya.files.wordpress.com/2008/11/vespa.jpg

D’ascanio hanya membutuhkan beberapa hari untuk mengonsep ulang bentuk desain kendaraannya dan prototipnya diberi nama MP6. Saat Enrico Piaggio melihat protototip MP6 itu, ia secara tak sengaja berseru “Sambra Una Vespa” (terlihat seperti Tawon). Akhirnya dari seruan tak sengaja itu, diputuskan kendaraan ini dinamakan ‘Vespa’ (tawon dalam bahasa Indonesia). Pada April 1946, prototip MP6 ini mulai diproduksi masal di pabrik Piaggio di Pontedera, Italia. Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu.

http://3.bp.blogspot.com/_uRg4UvLMzEI/SwN4kkwvojI/AAAAAAAAABw/Z5r2r1dgRp8/s1600/Vespa_150_Black_Beige_Scooters.jpg

http://vespauction.com/wp-content/uploads/2009/02/vespa-px.jpg

Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India -- selain di pasar domestik produk ini laku bagai kacang goreng. Selain itu, India pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.
Pada saat itu banyak negara lain yang mencoba membuat produk serupa, tetapi ternyata mereka tak sedikit pun mampu menyaingi Piaggio. Di antara pesaing itu adalah Lambretta, Heinkel, Zundapp, dan NSU. Bagi masyarakat Indonesia, produk Lambretta dan Zundapp, sempat populer di era 1960-an. Selidik punya selidik, fanatisme terhadap Vespa ternyata muncul akibat ciri dasar bentuk motor ini yang selalu dipertahankan pada setiap produk berikutnya. Bahkan saat mereka terbilang melakukan ''revolusi'' bentuk pada produk baru, Vespa 150 GS, kekhasan pantat bahenol masih terasa melekat.

http://www.otoharley.com/wp-content/uploads/2009/12/piaggio-vespa-gts-300.jpg

http://pzrservices.typepad.com/vintageadvertising/images/2007/09/02/2_vintage_vespa_cheesecakec.jpg

Produk 150 GS -- kala itu dikenal sebagai Vespamore dan hampir selalu tampil di tiap film tahun 1960-an -- memang kemudi dan lampu sorotnya mulai dibuat menyatu. Tetapi, secara keseluruhan apalagi bentuk pantatnya, benar-benar masih membulat. Dan cerita terus berlanjut saat ini dengan model generasi baru Vespa, mempersembahkan Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo dan Vespa PX150. Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang Italia.

67 Comments:

Anonim said...

keren ini infonya... amju terus eksplorasi dunia

Mr. Lovald said...

kereen

sad said...

guoweigang You will want to cheap pandora make sure that you think about the design pandora jewelry that you are looking for and possibly look outside buy Pandora of the box. You will want to look deeper pandora bracelets and charms into what exactly you are looking for discount pandora bracelets .A lot of people like to show off the Pandora necklace jewelry, but you will want to keep in pandora necklace beads mind that there is that cut out Pandora necklace sale image of jewelry, but you will want Pandora charms to call some of the local chains and ask them if they cheap pandora charms are willing to work with you to make some custom made jewelry.

xamthone plus said...

wahh ternyata vespa banyak motifnya juga ya...
cukup unik dan legendaris,,,!!!

kanker hati said...

sipp dech...
apalagi jaman sekarang dah cukup banyak club vespa yang unik-unik....

obat glukoma said...

bagus nie motif vespa...
paling habis berapa y?

jelly gamat said...

waahh ternyata klo di modifikasi motor vespa keren juga ya...
sipp dech...

obat tradisional asam urat said...

Sekarang motor vespa memang sudah melegenda dimana" ,,,

obat batu ginjal said...

hhmmm,,,
motor vespa memang bagus cuma saya tetap saja saya kurang suka,,,

obat herbal alami ginjal said...

modif vespanya keren bgt. romantis bgt kyaknya

obat herbal alami kelenjar getah bening said...

vespa memang kereeeeeennn bgt !! msih bnyak pemakainya smpai skarang.
hidup vespa !!

Clashhero said...

gan, link balik ya

agen jelly gamat medan said...

ichh..
jadi pengen boncengan lagi pake vespa

Obat Tradisional Gagal Ginjal said...

berlegenda bener nih gan , mantap abis vespa sampai sekarang juga masih ada jya gan

Obat Alternatif Nyeri Sendi said...

wis pada mantap bener nih vespanya, aku jadi pengen beli nih vespanya, makasih banyak atras infonya

Agen jelly gamat jakarta said...

kerennnn

jelly gamat said...

antik bgt vespanya...

Foto artis Korea said...

wow,,,, sungguh menarik

agen xamthone plus bekasi said...

yapsss..
vespa memang unik dan romantis :)

Obat Herbal Penyakit Jantung said...

pesva yang sangat legen daris banget nih, hehe, makasih banyak atas infonya gan, sukses selalu gan

obat thalasemia said...

wih ternyata vespa keren juga y...
kalo sekrang pasaran berapa y??

obat diabetes tradisional said...

menarik mas infonya..
good

obat HIV/AIDS readisional said...

sip mas..
thanks infonya..
salam kenal..

obat asam urat alami said...

saya juga suka klo boncengan pke vespa. tapi paling ogah klo udah mulai mogok. hihi

obat herbal asam urat said...

keren..
thanks infonya ..
salam kenal ja

agen xamthone plus medan said...

kerennn...
jadul-jadul juga klo di modif lagi mkin bagus..
mksih bnyak infonya

agen xamthone plus surabaya said...

jadi pngen juga punya vespa.. romantis dahh !! hihi
gaya-gaya retrooo

Obat Kelenjar Getah Bening said...

kayanya kalo pacaran pake motor vespa kelihatannya romantis bngt nie,,,
v sayang ank remaja zaman sekrang kaya yang gensi gtu

Obat Alami Kanker Prostat said...

saya perhatikan teryata nie vespa keran juga,,,,
saya baru sadar,, hehe

agen xamthone plus pekanbaru said...

vespa yang warna ungu ok juga nie....

agen xamthone plus palangkaraya said...

hahaha.... motor pertama babeh saya nie...
v sayang karang sii nx eva cssi ungu dah babeh jual,, hehe

obat batu ginjal tradisional said...

sip..
good artikelnya..

Agen xamthone plus bengkulu said...

unik bgt vespanya.,,,,

Agen xamthone plus banjarmasin said...

legendaris skali,,,,,

obat asma tradisional said...

kerennn...
mksih bnyak infonya

Agen xamthone plus sidoarjo said...

antik" vespanya...

obat asam urat said...

sip..
thanks infonya

obat herbal kanker paru-paru said...

keren..
thanks infonya ..
salam kenal ja

obat tradisional darah tinggi said...

pengen deh pke ntor vespa yg legendaris sma pacar
hehehe

obat diabetes mellitus said...

weh weh weh.... motor pertama bapa sya nie,, hehe

legalitas jus manggis xamthone said...

sip mas..
thanks infonya..
salam kenal..

Pengobatan Kanker Payudara said...

wis pesvanya pada mantap sekali niiih,,,
makasih banyak atas infonya yah

obat asam urat said...

menarik mas infonya..
good

Obat Herbal Asma said...

skuternya pada keren gilaa nii
koleksinya di perbanyak lagi dongg :)

Obat Herbal Penyakit HIV AIDS said...

keren pisannn euy skuternya :)
jadi kabitaaaa
xixixixixi :):):)

Obat Herbal Darah Tinggi said...

poto skuternya pada bagus eum :)

jus manggis xamthone said...

jadi pengen boncengan lagi pake vespa

cara menjadi agen xamthone plus said...

salam kenal ja mas

cara pemesanan jus manggis xamthone said...

keren..
thanks infonya ..
salam kenal ja

obat alami asam urat agus supriatna said...

jadi ngiler lhai yang antik2,pingin nunggangin

obat alami asam urat.garut said...

sekarang sudah ada model vesva yang baru,sehingga yang lama semakin antik

sehat alami xamthone setya said...

gak tahu kenapa kalau lihat vespa itu koq bawaannya romantisss aja... :)

Admin said...

Artikel MENARIK Lainnya:
==> Anggota DPR Kepergok Nonton Film Porno Saat Sidang
==> Kontes Vagina Terindah
==> Vagina Terkuat di Dunia
==> 5 Wanita Ber-Vagina Ganda
==> Kontes Payudara Terindah dan Terbesar
==> Payudara Bisa Besar & Montok Hanya Dengan Makan Tahu Tempe
==> ABG Bugil Digilir Dan Dijepret Kamera
==> Foto Hot Bugil Mahasiswi Yogyakarta
==> Foto Hot Semi Bugil Nikita Mirzani
==> Pernikahan Unik dengan Kondisi Bugil
==> Foto Reuni Para Model Majalah Playboy
==> Misteri Kutukan 600 Model Wanita Majalah PlayBoy
==> Alasan Kenapa Cewek Lebih menyukai Cowok Playboy
==> 10 Foto Nakal Artis Indonesia Yang Menghebohkan
==> Kisah-kisah Artis Porno Terkenal di Dunia
==> Bintang Porno yang Jadi Guru

obat sinusitis said...

salam kenal

Pengobatan herbal alami said...

krenn" tuh vespanya..

Plered Vespa Club said...

mantap gan infonya kalo ada waktu maen yaa ke blog ane di http://pleredvespaclub.blogspot.com ane lagi belajar ni gan mohoh keritikannya.

obat vertigo alami said...

aku pernah punya vespa sangat mantap gabugn ama grup vespa nyantayyyy abiis....

obat tbc alami said...

trima kasih atas informasinya semoga makin sukses semuanya

jus manggis said...

kt mutiara : "Sesuatu yg sulit ketika kamu harus tersenyum, hanya karena kamu tak ingin menjelaskan pada orang lain mengapa kamu bersedih."

obat stroke alami said...

"Emosi tidak akan membimbingmu pada suatu pemikiran atau tindakan positif. oleh sebab itu tenangkan dirimu."

obat gondok alami said...

""Sukses berarti melakukan yg terbaik yg kita bisa dengan apa yg kita miliki. Bukan dengan menginginkan apa yg orang lain miliki. ""

obat rematik alami said...

""Kamu tak akan bisa mendapatkan yang kamu inginkan jika kamu terlalu sibuk mengeluhkan apa yang telah kamu miliki. Bersyukurlah!""

obat alami jantung koroner said...

Tuhan memuliakan mereka yang mau bekerja keras. Dan modal utama untuk keberhasilan adalah kerja keras yang diiringi doa.

Penelitian Tentang Manggis said...

vespa emang keren bro...HIDUP VESPA.....kern yakin

Xamthone Plus FAQ said...

vespa ajaib tk kaya low lum punya vsp

workshop komunitas blogger tasikmalaya di pesantren al-munawwar said...

my sco is love ..aku punya pacar kedua vespa namanya bodinya bohai pinggulnya seksi

Irham Abdul Azis said...

Terimakasih atas informasinya

irhamabdulazis271.student.ipb.ac.id

Poskan Komentar