Kamis, 05 November 2009

Permen Tidak Boleh Menjadi Alat Kembalian?

Banyaknya pengaduan masyarakat tentang penggunaan permen sebagai alat pengembalian transaksi perdagangan ritel, membuat pemerintah gerah. Departemen Perdagangan (Depdag) minta para pedagang eceran tak lagi menjadikan permen sebagai ganti uang kembalian kepada konsumen. Direktur Perlindungan Konsumen Depdag Radu Malam Sembiring menegaskan, aturan pengembalian dalam transaksi ritel tertuang jelas dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23/1999 tentang Bank Indonesia (BI).

http://www.primaironline.com/images_content/2009429Permen.jpg


http://125.160.17.64/~toba/data/media/5/Pedagang1.jpg

UU BI menetapkan, seberapa pun kecil nilai kembalian dalam setiap transaksi, tetap harus menggunakan alat pembayaran yang sah. ”Kami masih memberikan waktu bagi peritel untuk membenahi. Setelah ini kami akan mengambil tindakan tegas,” jelas Radu, kemarin. Jika peritel tetap membandel, Radu menilai mereka telah melanggar UU BI dan UU No 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen. Sehingga perlu terkena tindakan tegas. Namun, sebelum mengambil tindakan tegas yang tak dia sebutkan dalam bentuk apa, Radu bilang, masalah transaksi ini lebih dulu diselesaikan langsung dengan instansi terkait, yaitu Bank Indonesia.

http://seputarpasarbaru.files.wordpress.com/2009/04/pedagang12.jpg


http://griyaraihan.com/modules/store/images/permen.jpg

Sebab dalih pengusaha, mereka terpaksa memberikan permen karena tak mudah lagi bagi mereka mendapatkan uang receh untuk kembalian transaksi. ”Kami kesulitan untuk mendapatkan uang receh,” kata Heri Sumantri, Ketua Bidang Kemitraan dan Departemen UKM, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia. Tapi BI tak bisa begitu saja menerima dalih dari para pedagang tersebut. ”Perusahaan ritel bisa menukar ke BI dan kami sudah menyediakan,” kata Ery Setiawan, Kepala Bagian Pengelolaan Uang Keluar BI.

6 Comments:

Anonim said...

kalo dikasih kembalian pake permen, dikumpulin aja, kalo udah banyak, dipake buat beli ke toko yang ngasih kembalian pake permen itu.. heheeee

Anonim said...

gapapa kan, asal permenx enak n hrgx pas dgn kembalianx...tentu aja asal dibwh 500 perak

royhan said...

Hmm, alesanna jadi orang jelas2 permenna di buka dimata lalu di jadiin alat pembayaran yang sah!!

royhan said...

Sebagai anak KOS klo kembalianna setiap saat selalu 300, dikali permen 50 kali jadi berpa permenna?
yah jadi banyak dech permenna!!

Anonim said...

doesn't matter i think

Anonim said...

mungkin cara sahabat saya perlu ditiru, dia tuker 50 rupiah dan 25 rupiah di bi dan di pakai untuk bayar transaksi di mall

Posting Komentar