Jumat, 24 April 2009

10 Hal Terbaik Yang Kita Dapatkan dari Web

World Wide Web (www) sudah memasuki usianya yang ke 20 tahun. Tentunya sudah banyak yang dipersembahkan oleh web kepada para penikmatnya. Mulai dari informasi, berita terkini, hiburan dan yang lainnya.

Terpaut 20 tahun dengan usia internet yang sudah hampir 40 tahun, web telah memberikan berbagai layanan kepada kita. Dan itu semua dilakukan dalam perkembangan yang sangat cepat, sejak tahun 90-an sampai sekarang, beragam jenis konten dan layanan website menghiasi keseharian kita.

Keberadaan web memang membuat internet menjadi lebih berguna. Bisakah kita lepas satu hari saja dari mengikuti perkembangan berita di dunia atau tidak mengikuti situs pertemenan semacam Facebook?

Dari beragam jenis konten dan layanan yang disediakan oleh web, mari kita lihat kesepuluh jenis/ragam terbaik yang dihadirkan oleh web:

10. Video

Siapa yang tidak kenal dengan situs berbagi video online Youtube?

Dahulu hanya beberapa pihak saja yang memiliki izin serta kemampuan untuk menayangkan atau mendistribusikan video, sebut saja stasiun televisi, tapi kini berkat perkembangan web, aktivitas penyiaran dan pendistribusian video secara online menjadi hal yang lazim dilakukan.

9. Humor

Manusia tidak bisa selalu berkutat dalam keseriusan, untuk itulah manusia perlu tersenyum dan tertawa. Perkembangan web membuat tumbuhnya website-website yang akan menghadirkan senyum dan tawa kepada para pengunjungnya. Ketawa, gudanghumor, ketawaketiwi, merupakan tiga dari beberapa website lokal yang kontennya bisa mengurangi ketegangan mereka yang mengunjungi. Untuk website luar negeri kita bisa kunjungi XKCD, LOLCats atau Fail Blog.

8. Game

Sebelum berkembangnya game online, para pecandu game hanya bisa terpaku bermain game sendirian di dalam komputernya. Tapi lihatlah sekarang bagaimana game online begitu mewabah dan merubah pola bermain game seseorang yang memungkinkan para pecandu game memainkan sebuah game dengan gamer-gamer lainnya di seluruh dunia.

7. Sejarah

Untuk mempelajari sejarah kita membutuhkan buku-buku yang terdapat di perpustakaan umum, namun itu dulu. Kini banyak berdiri perpustakaan online, situs ensiklopedia online seperti Wikipedia, yang akan memberikan anda banyak sumber referensi sejarah. Jadi kalau guru anda memberikan tugas sejarah, jadikan dunia maya sebagai sumber anda dalam mencarinya.

6. Budaya -- Norma

Web memberikan pengaruh yang signifikan dalam norma atau kebudayaan. Misalkan saja seseorang lebih mudah mengumumkan suka/tidak suka, cerai/putus/nyambung lagi melalui media situs jejaring sosial seperti Facebook atau situs microblogging seperti Twitter. Perubahan prilaku ini membuat perubahan negatif dalam norma keseharian yang dianut oleh mereka. Lihat juga bagaimana situs jejaring sosial membawa dampak positif dengan pertukaran-pertukaran informasi tentang kebudayaan-kebudayaan lokal yang dimiliki oleh mereka.

5. Aktivisme

Masih ingat dengan isu yang digelontorkan sekelompok orang di Facebook dengan slogannya 'Say No to Megawati?'. Yang kemudian juga diikuti dengan isu-isu serupa yang akhirnya terpisah ke dalam dua kubu, pro dan kontra. Perkembangan web yang terbuka dan bebas diakses oleh siapa saja menjadikan kegiatan 'aktivisme' menjadi tumbuh subur. Setiap ada isu aktual, misal tentang pemilu, soal perang atau sosial politik, akan selalu menghadirkan para pendukung yang terpisah menjadi dua golongan, pihak yang pro dan pihak yang anti.

4. E-commerce

Kemudahan yang dihadirkan oleh web berimbas pula kepada bermunculannya toko-toko online. Dan hal tersebut tidak hanya menguntungkan dari sisi pebisnis saja, tapi pihak konsumen pun sangat diuntungkan. Kemudahan pembelian, kecepatan pengiriman dan penghematan biaya adalah tiga manfaat yang diperoleh dari pemanfaatan sistem berbelanja menggunakan e-commerce. Di Indonesia kita mengenal bhineka, situs belanja komputer online, di dunia kita mengenal Amazon.

3. Netralitas

Karena sifatnya yang terbuka, bisa diakses oleh siapa saja membuat web seperti memberikan contoh kepada kita untuk bersikap netral. Bagaimana jadinya jika mesin pencari seperti Google hanya menampilkan pencarian kepada situs-situs tertentu saja? Dikarenakan keterbukaannya itulah membuat web sulit untuk tidak bersikap tidak netral.

2. Kewirausahaan

Siapakah orang-orang di balik pendirian Google, Facebook, Yahoo ? Mereka adalah orang-orang muda yang cerdas dan memiliki jiwa kewirausahaan yang cukup tinggi. Dengan web mereka berhasil mengeksploitasi semangat muda mereka untuk berkembang dan menjadikan mereka sebagai pengusaha muda yang sukses. Dan dengan web pula mereka memberikan contoh bahwa untuk menjadi pengusaha sukses bisa dilakukan sejak di bangku sekolah atau kuliah.

1. Informasi

Yang menjadi nomer satu tentu saja adalah informasi. Web adalah tempat dimana kita bisa mendapatkan dan berbagi informasi. Dengan web, semua orang akan mendapatkan perlakuan yang sama dalam menerima suatu informasi. Semua orang dapat mengambil informasi dari web mana saja, misalkan jika ia membutuhkan informasi tentang memperbaiki AC atau beternak ikan, maka ia tinggal cari dan akan ada banyak sumber yang bisa memberikan informasi yang ia butuhkan.

1 Comment:

faris ! said...

nice info :)
yeadhi

Poskan Komentar