Jumat, 16 Oktober 2009

Tips Mengatai Rasa Malu

Rasa malu mungkin muncul pada diri seseorang saat menghadapi situasi yang belum pernah di alami. Misalnya, hari pertama masuk sekolah, saat bertemu orang baru, atau berbicara di depan umum untuk pertama kalinya namun sebetulnya sifat pemalu bisa diatasi. Kalian cuma perlu melatihnya, Perhatikan enam langkah berikut yang akan membuat kalian lebih PD (percaya diri) dengan sendirinya.

1. Mantapkan niat untuk tidak merasa malu
http://girlycious.com/gc/include/thumbnail.show.php?filename=../images/article/shame.jpg&width=350px


kalian mungkin akan merasa sedikit canggung saat mencoba melawan rasa malu, tetapi tetaplah berniat untuk menghilangkan rasa malu yang ad pada diri kalian. Kalian harus berbangga dengan semua yg ad pada diri kalian.

2. Mulailah bergaul dengan teman
http://lifestyle.okezone.com/photo/dt/content/2008/02/28/198/87416/SdYmsgF2mQ.jpg
Bergaulah dengan teman yg sudah kalian kenal terlebih dahulu. Tunjukan rasa percaya dirimu saat berkumpul dengan teman kalian. Coba hargailah teman2 kalian. Dari sini, coba lebarkan sayap pertemanan dengan teman2 yg belum kalian kenal.

3. Gunakan percakapan pembuka yang ringan dan menarik
http://www.detikhot.com/images/content/2009/05/07/230/tukulebi_285.jpg
Saat bertemu kenalan baru, coba kemukakan percakapan pembuka yang ringan dan menarik. Pikirkan topik apa yg paling asik untuk membuka pembicaraan atau dengan melemparkan pertanyaan ringan.

4. Latihlah apa yang ingin kalian ungkapkan
http://www.ptphapros.co.id/news_img/berbicara2.jpg
Kalian perlu berlatih melakukan percakapan. Apa yg ingin kalian ungkapkan dapat ditulis terlebih dahulu. Baca rangkaian kalimat tersebut dengan suara lantang, kalau perlu berlatih di depan kaca.

5. Bergaulah dengan orang-orang yang sehobi
http://intipsaja.com/wp-content/uploads/2008/12/best-friend-forever.jpg
Bergabunglah dengan kelompok ekstrakurikuler yg kalian senangi. Dengan begitu, kalian akan mendapat banyak bahan untuk di perbincangkan.

6. Jangan berpikir tidak terima atau dianggap remeh oleh orang lain
http://www.surya.co.id/wp-content/uploads/2009/01/happy.jpg
Bebaskan diri kalian dari praduga buruk tentang kemungkinan tak di terima dalam suatu kelompok pergaulan atau di anggap remeh oleh teman-teman kalian.

Jika semua itu sudah kalian lakukan dan perasaan malu masih ada pada diri kalian, jangan bimbang, mungkin itu sudah sifat alami kalian. Yang penting, kalian sudah berusaha untuk mengurangi derajat malunya dan kalian tidak lagi harus gelisah saat bergaul dengan teman-teman