Rabu, 14 Oktober 2009

Asal Muasal Tentang Blog

Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

http://2.bp.blogspot.com/_A5a84Gj-XAQ/SAhO25DgRGI/AAAAAAAAAA4/sH2866XEEnQ/s320/blogger-logo.jpg


http://farm2.static.flickr.com/1344/1397917093_2c0b5487ac.jpg

Menurut sumber.. awal mula blog berasal dari halaman what's new pada brower mosaic (mosaic adalah browser pertama bahkan sebelum munculnya IE dan firefox, apalagi opera) yang ditulis oleh Marc Andersen. Kemudian Justin Hall memulai web pribadinya pada januari 1994 dan pada saat itulah dikenal adanya blog.

http://img2.wiredvision.jp/news/200802/2008022020-1.jpg

Pada tahun 1997, Jorn Barger, seorang programer yang juga mengelola website online diary “robot wisdom” menciptakan istilah weblog yang diambil dari kata “logging the web”. Logging bisa diartikan masuk. So, logging the web bisa diartikan “memasuki web”. Korelasinya adalah blogger awal di kala itu merupakan orang yang masuk ke belantara web dan menyortir link-link menarik berdasarkan opininya.

http://editorial.designtaxi.com/tds/tds-experienceproduct/editorial/peter_merholz.jpg

Hingga 1998, baru ada beberapa website yang dapat diidentifikasikan sebagai blog, hingga ketika itu menjelajahi semua weblog masih memungkingkan untuk di lakukan. Pada tahun 1999, Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog, hingga akhirnya dibuat pendek menjadi blog saja. Orang yang mengelola blog kemudian di sebut “blogger”.

http://vyanrh.files.wordpress.com/2009/06/gb-blog-dr-thegatget.jpg

Dari titik itulah semuanya berubah. Semakin hari, semakin banyak orang yang membuat blog. Pertumbuhan blog menjadi semakin signifikan ketika Pitas merilis Blogger.com pada Juli 1999. Blogger.com merupakan web service yang memungkinkan orang yang bahkan tidak memiliki kemampuan html sekalipun mampu menciptakan dan mengelola blog.