Selasa, 20 Oktober 2009

Kepulauan Raja Ampat Yang Eksotik

Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.

http://www.technologyindonesia.com/uploads/news_910.jpg


http://www.balifilm.com/images/loc/Wayag%201%20-%20Raja%20Ampat,%20Irian%20Jaya.jpg

Dr John Veron, ahli karang berpengalaman dari Australia, misalnya, dalam sebuah situs ia mengungkapkan, Kepulauan Raja Ampat yang terletak di ujung paling barat Pulau Papua, sekitar 50 mil sebelah barat laut Sorong, mempunyai kawasan karang terbaik di Indonesia. Sekitar 450 jenis karang sempat diidentifikasi selama dua pekan penelitian di daerah itu.

http://www.rajaampatcruises.com/images/raja+ampat3.jpg

http://aseliyogya.info/wp-content/uploads/2009/09/coral-raja-ampat.jpg

Tim ahli dari Conservation International, The Nature Conservancy, dan Lembaga Oseanografi Nasional (LON) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pernah melakukan penilaian cepat pada 2001 dan 2002. Hasilnya, mereka mencatat di perairan ini terdapat lebih dari 540 jenis karang keras (75% dari total jenis di dunia), lebih dari 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska, dan catatan tertinggi bagi gonodactyloid stomatopod crustaceans. Ini menjadikan 75% spesies karang dunia berada di Raja Ampat. Tak satupun tempat dengan luas area yang sama memiliki jumlah spesies karang sebanyak ini.

http://farm1.static.flickr.com/194/458587020_d4a5a4e8dd_o.jpg

http://farm1.static.flickr.com/158/337611757_4d2402c961_b.jpg

Ada beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%, yaitu di selat Dampier (selat antara P. Waigeo dan P. Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayag. Tipe dari terumbu karang di Raja Ampat umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Tetapi ditemukan juga tipe atol dan tipe gosong atau taka. Di beberapa tempat seperti di kampung Saondarek, ketika pasang surut terendah, bisa disaksikan hamparan terumbu karang tanpa menyelam dan dengan adaptasinya sendiri, karang tersebut tetap bisa hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

http://imagehost.ngobrolaja.com/files/kev/nonimg4679copy.jpg

http://prints.wetpixelquarterly.com/photos/192219001_hSg9P-M.jpg

Spesies yang unik yang bisa dijumpai pada saat menyelam adalah beberapa jenis pigmy seahorse atau kudalaut mini, wobbegong dan Manta ray. Juga ada ikan endemik raja ampat, yaitu Eviota raja, yaitu sejenis ikan gobbie. Di Manta point yg terletak di Arborek selat Dampier, Anda bisa menyelam dengan ditemani beberapa ekor Manta Ray yang jinak seperti ketika Anda menyelam di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Jika menyelam di Cape Kri atau Chicken Reef, Anda bisa dikelilingi oleh ribuan ikan. Kadang kumpulan ikan tuna, giant trevallies dan snappers. Tapi yang menegangkan jika kita dikelilingi oleh kumpulan ikan barakuda, walaupun sebenarnya itu relatif tidak berbahaya (yang berbahaya jika kita ketemu barakuda soliter atau sendirian). Hiu karang juga sering terlihat, dan kalau beruntung Anda juga bisa melihat penyu sedang diam memakan sponge atau berenang di sekitar anda. Di beberapa tempat seperti di Salawati, Batanta dan Waigeo juga terlihat Dugong atau ikan duyung.

http://dunialaut.com/wp-content/uploads/2009/01/skin-dive-raja-ampat.jpg

http://inlinethumb54.webshots.com/38005/2447922890102872335S500x500Q85.jpg

Karena daerahnya yang banyak pulau dan selat sempit, maka sebagian besar tempat penyelaman pada waktu tertentu memiliki arus yang kencang. Hal ini memungkinkan juga untuk melakukan drift dive, menyelam sambil mengikuti arus yang kencang dengan air yang sangat jernih sambil menerobos kumpulan ikan. Ada juga pesawat karam peninggalan perang dunia ke II yang bisa dijumpai di beberapa tempat penyelaman menjadikan tempat yang bagus untuk wreck dive seperti di P. Wai. Dan masih banyak lagi situs terumbu karang yang sebenarnya belum pernah dijamah. Ini menjadikan penyelaman di Raja Ampat terasa lebih menantang.

32 Comments:

freezipe said...

keren indonesiaku
http://freezipe.com/

Anonim said...

WUiih.... keren...
I Luv U Full Indonesia...!

Nightcrawler said...

luar biasa...
keren banget....
kepingin banget ke sana
indonesia is the best

Anonim said...

wwwoooooowwww.....
Papua oh Papua....
Kereeeeeennnnn banget.

si bolang said...

mantep bro, keren Indonesiaku..

www.cring-miracle.blogspot.com said...

keren banget, tapi knp untuk kesana mahal banget yah.hiks hiks

Anonim said...

wah jadi pengen ni.............
brp duit y ksana ???

Tiara said...

Subhanallah.... eksotis sekali..

Anonim said...

Luar biasa...., virgin..... and Saya perlu informasi travel cost kesana

ULIN said...

KAPAN YAH BISA KESINI. . . .

ufa said...

yang kYAk gini banyak d kampung gue....

widyagreat said...

indonesiia emang kaya,harus dijaga,jgn ampe dijual olh oknum2 yg rakus kekayaan!!!!!!!!

riyo... said...

wuaduuuuhhh....keren bangeeeet....kapan ya bisa kesana....??? tapi, pasti mahal ya biaya liburan kesana...

Oka Kurniawan said...

INDONESIA !!!

Hafiz lost saga said...

keren pengen kesana

angga's said...

ke papua jauh eii

www.holidaymamboo.com

Anonim said...

jiah percuma jg kesana,,, berenang ja g bisa,, apalagi menyelam,,,, :(

Anonim said...

INDONESIA KEBANGGAANKU!!!
TOLONG PELIHARA SEBAIK MUNGKIN KEKAYAAN BANGSAKU

Anonim said...

kekayaan alam ditanah papua sanggat membanggakan

Anonim said...

like it










suuuuuuuuuuuuuuuuuuureeeeeeeeeeeeee

anthonius said...

raja ampat memang ok.....jd pengen nih kesana

Sammy said...

kita sebagai anak-anak bangsa harus bangga terhadap bangsa kita sendiri...

kita bisa melihat keindahan alam diIndonesia yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain...
salah satunya ialah RAJA AMPAT

chelonia said...

Raja ampat ne emang luar biasa mantap..

Anonim said...

keren ya alam indonesia, bangga lah menjadi orng ina

nia manurung said...

woou.. luarbiasa.

Jo n Na said...

bagussss bangetttt,,, I LOVE INDONESIAKU... bali kalahh deh rasanya

inayah fajriah said...

hiks... lagi nabung bwt k saaaa...... keeereeennddd...

Anonim said...

SUBHANALLAH..BAGUS BGT. IMPIANKU =)

Admin said...

Artikel MENARIK Lainnya:
==> Anggota DPR Kepergok Nonton Film Porno Saat Sidang
==> Kontes Vagina Terindah
==> Vagina Terkuat di Dunia
==> 5 Wanita Ber-Vagina Ganda
==> Kontes Payudara Terindah dan Terbesar
==> Payudara Bisa Besar & Montok Hanya Dengan Makan Tahu Tempe
==> ABG Bugil Digilir Dan Dijepret Kamera
==> Foto Hot Bugil Mahasiswi Yogyakarta
==> Foto Hot Semi Bugil Nikita Mirzani
==> Pernikahan Unik dengan Kondisi Bugil
==> Foto Reuni Para Model Majalah Playboy
==> Misteri Kutukan 600 Model Wanita Majalah PlayBoy
==> Alasan Kenapa Cewek Lebih menyukai Cowok Playboy
==> 10 Foto Nakal Artis Indonesia Yang Menghebohkan
==> Kisah-kisah Artis Porno Terkenal di Dunia
==> Bintang Porno yang Jadi Guru

mas herr said...

indonesia bener2 menajubkab,,,i like

Lhanny said...

indonesia .............
tak da duanya

Anonim said...

Udah Dibeli Sama Orang Asing

Poskan Komentar