Pages

Minggu, 08 Agustus 2010

Vespa Yang Legendaris

Sejarah vespa dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya 1884. Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio. Bisnis Rinaldo dimulai peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api. Pada Perang Dunia I, perusahaannya memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut. Pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera di daerah Tuscany Italia. Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya (baling-baling, Mesin dan Pesawat) Selama Perang Dunia II, pabrik di Pontedera membuat P108 untuk mesin Pesawat dua penumpang dan Versi Pembom.

http://i102.photobucket.com/albums/m96/charlybrwn134/enrico20piaggio.jpg

http://www.pacificscooters.com/img/products/vespa-px150-scooter_lg.jpg

Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio dibom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah. Enrico memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal Mobility yg dibutuhkan masyarakat Italia. Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan Helikopter Modern Pertamanya Piaggio.

http://newcarnetworks.com/wp-content/uploads/2009/02/vespa.jpg

http://myvespa.files.wordpress.com/2006/10/vespa-wed2.jpg

D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj45YC9YqWp69dNXmgXTwMre3rJdelfHzD0IUV6tPzcOzmuSXItlvsyAzS_KJWRLLLku7Xw1DiWYXeubSCBQXUTDfadxvYErcKtMQ-gUSDGEuJtgfix6q_WzrSb39Yy_gTZ8DQpisU_jYw7/s660/PiaggioVespa150Super051.JPG

http://www.vespags.it/wp-content/uploads/2009/03/vespa.jpg

Maka pada 1945, konstruksi alternatif tersebut ditemukan. Awalnya memang sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur. Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya, pabrikan yang kala itu masih terbilang sebagai usaha ''kaki lima'' merancang papan penutup kaki pada bagian depan. Proyek ini langsung dipimpin oleh Corradino d'Ascanio. Karena itu, hak paten pun segera dapat mereka kantongi.

http://panakleak.com/ini-gambar/vespa_150.jpg

http://www.italiaspeed.com/2006/cars/other/piaggio/04/vespa_60th/vespa_lx_60_1.jpg

Hasilnya, muncullah pertama kali produk motor dengan seri MP5. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik, bagai binatang penyengat (lebah/tawon) karena bentuk kerangkanya. Namun, karena bentuk penutup pengaman yang bagai papan selancar itu, sejumlah pekerja di pabrik Piaggio pun bahkan mengatakannya sebagai motor Paperino. Harap diingat, Paperino adalah sindiran sinis untuk tokoh Donald Duck (bebek). Maka, d'Ascanio pun putar akal untuk memperbaiki model tersebut.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJsl_8YMOkEDdgo0PYpp7zBmaxJEsb46wz0KZ0W-EiqI8tt8wd8j4g4TnaZ9iL1ge8l7GknOtTrw3Bq5Aj0TMDZyquXRne5ktjV5C55zkBbg60Xzk_50Wv0dkoyqs1bpolWMFXluuuJTI/s400/00Vespaheader%5Bgeghans%5D.jpg

http://setitikcahaya.files.wordpress.com/2008/11/vespa.jpg

D’ascanio hanya membutuhkan beberapa hari untuk mengonsep ulang bentuk desain kendaraannya dan prototipnya diberi nama MP6. Saat Enrico Piaggio melihat protototip MP6 itu, ia secara tak sengaja berseru “Sambra Una Vespa” (terlihat seperti Tawon). Akhirnya dari seruan tak sengaja itu, diputuskan kendaraan ini dinamakan ‘Vespa’ (tawon dalam bahasa Indonesia). Pada April 1946, prototip MP6 ini mulai diproduksi masal di pabrik Piaggio di Pontedera, Italia. Pada Akhir 1949, telah di produksi 35000 unit dan dalam 10 tahun telah memproduksi 1 Juta unit dan pada pertengahan tahun 1950. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Vespa menjadi simbol dari revolusi gagasan pada waktu itu.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjau6A1fndvFcfPs5OLyeByilotY8w9Mbkjj44FmozSX4iNkXOf25KVhYtHtILISPWRHems3Wq57vkWGiLQ0saDjblYUC_Zk4immSLwdT8ZMLu0ALVbwUQU9MyOwJAfbwAA3pIAPXXTUIqE/s1600/Vespa_150_Black_Beige_Scooters.jpg

http://vespauction.com/wp-content/uploads/2009/02/vespa-px.jpg

Perkembangan selanjutnya, produk ini ternyata laris diserap pasar Prancis, Inggris, Belgia, Spanyol, Brazil, dan India -- selain di pasar domestik produk ini laku bagai kacang goreng. Selain itu, India pun memproduksi jenis dan bentuk yang sama dengan mengambil mesin Bajaj. Jenisnya adalah Bajaj Deluxe dan Bajaj Super. Sejumlah pihak lantas mengajukan lamaran untuk joint membuat Vespa. Maka pada 1950 munculah Vespa 125 cc buatan Jerman.
Pada saat itu banyak negara lain yang mencoba membuat produk serupa, tetapi ternyata mereka tak sedikit pun mampu menyaingi Piaggio. Di antara pesaing itu adalah Lambretta, Heinkel, Zundapp, dan NSU. Bagi masyarakat Indonesia, produk Lambretta dan Zundapp, sempat populer di era 1960-an. Selidik punya selidik, fanatisme terhadap Vespa ternyata muncul akibat ciri dasar bentuk motor ini yang selalu dipertahankan pada setiap produk berikutnya. Bahkan saat mereka terbilang melakukan ''revolusi'' bentuk pada produk baru, Vespa 150 GS, kekhasan pantat bahenol masih terasa melekat.

http://www.otoharley.com/wp-content/uploads/2009/12/piaggio-vespa-gts-300.jpg

http://pzrservices.typepad.com/vintageadvertising/images/2007/09/02/2_vintage_vespa_cheesecakec.jpg

Produk 150 GS -- kala itu dikenal sebagai Vespamore dan hampir selalu tampil di tiap film tahun 1960-an -- memang kemudi dan lampu sorotnya mulai dibuat menyatu. Tetapi, secara keseluruhan apalagi bentuk pantatnya, benar-benar masih membulat. Dan cerita terus berlanjut saat ini dengan model generasi baru Vespa, mempersembahkan Vespa ET2, Vespa ET4, Vespa Granturismo dan Vespa PX150. Vespa bukan hanya sekedar Scooter tapi salah satu Icon besar orang Italia.

64 komentar:

  1. keren ini infonya... amju terus eksplorasi dunia

    BalasHapus
  2. wahh ternyata vespa banyak motifnya juga ya...
    cukup unik dan legendaris,,,!!!

    BalasHapus
  3. sipp dech...
    apalagi jaman sekarang dah cukup banyak club vespa yang unik-unik....

    BalasHapus
  4. bagus nie motif vespa...
    paling habis berapa y?

    BalasHapus
  5. waahh ternyata klo di modifikasi motor vespa keren juga ya...
    sipp dech...

    BalasHapus
  6. Sekarang motor vespa memang sudah melegenda dimana" ,,,

    BalasHapus
  7. hhmmm,,,
    motor vespa memang bagus cuma saya tetap saja saya kurang suka,,,

    BalasHapus
  8. modif vespanya keren bgt. romantis bgt kyaknya

    BalasHapus
  9. vespa memang kereeeeeennn bgt !! msih bnyak pemakainya smpai skarang.
    hidup vespa !!

    BalasHapus
  10. ichh..
    jadi pengen boncengan lagi pake vespa

    BalasHapus
  11. berlegenda bener nih gan , mantap abis vespa sampai sekarang juga masih ada jya gan

    BalasHapus
  12. wis pada mantap bener nih vespanya, aku jadi pengen beli nih vespanya, makasih banyak atras infonya

    BalasHapus
  13. pesva yang sangat legen daris banget nih, hehe, makasih banyak atas infonya gan, sukses selalu gan

    BalasHapus
  14. wih ternyata vespa keren juga y...
    kalo sekrang pasaran berapa y??

    BalasHapus
  15. saya juga suka klo boncengan pke vespa. tapi paling ogah klo udah mulai mogok. hihi

    BalasHapus
  16. kerennn...
    jadul-jadul juga klo di modif lagi mkin bagus..
    mksih bnyak infonya

    BalasHapus
  17. jadi pngen juga punya vespa.. romantis dahh !! hihi
    gaya-gaya retrooo

    BalasHapus
  18. kayanya kalo pacaran pake motor vespa kelihatannya romantis bngt nie,,,
    v sayang ank remaja zaman sekrang kaya yang gensi gtu

    BalasHapus
  19. saya perhatikan teryata nie vespa keran juga,,,,
    saya baru sadar,, hehe

    BalasHapus
  20. hahaha.... motor pertama babeh saya nie...
    v sayang karang sii nx eva cssi ungu dah babeh jual,, hehe

    BalasHapus
  21. pengen deh pke ntor vespa yg legendaris sma pacar
    hehehe

    BalasHapus
  22. weh weh weh.... motor pertama bapa sya nie,, hehe

    BalasHapus
  23. wis pesvanya pada mantap sekali niiih,,,
    makasih banyak atas infonya yah

    BalasHapus
  24. skuternya pada keren gilaa nii
    koleksinya di perbanyak lagi dongg :)

    BalasHapus
  25. keren pisannn euy skuternya :)
    jadi kabitaaaa
    xixixixixi :):):)

    BalasHapus
  26. sekarang sudah ada model vesva yang baru,sehingga yang lama semakin antik

    BalasHapus
  27. gak tahu kenapa kalau lihat vespa itu koq bawaannya romantisss aja... :)

    BalasHapus
  28. mantap gan infonya kalo ada waktu maen yaa ke blog ane di http://pleredvespaclub.blogspot.com ane lagi belajar ni gan mohoh keritikannya.

    BalasHapus
  29. aku pernah punya vespa sangat mantap gabugn ama grup vespa nyantayyyy abiis....

    BalasHapus
  30. trima kasih atas informasinya semoga makin sukses semuanya

    BalasHapus
  31. kt mutiara : "Sesuatu yg sulit ketika kamu harus tersenyum, hanya karena kamu tak ingin menjelaskan pada orang lain mengapa kamu bersedih."

    BalasHapus
  32. "Emosi tidak akan membimbingmu pada suatu pemikiran atau tindakan positif. oleh sebab itu tenangkan dirimu."

    BalasHapus
  33. ""Sukses berarti melakukan yg terbaik yg kita bisa dengan apa yg kita miliki. Bukan dengan menginginkan apa yg orang lain miliki. ""

    BalasHapus
  34. ""Kamu tak akan bisa mendapatkan yang kamu inginkan jika kamu terlalu sibuk mengeluhkan apa yang telah kamu miliki. Bersyukurlah!""

    BalasHapus
  35. Tuhan memuliakan mereka yang mau bekerja keras. Dan modal utama untuk keberhasilan adalah kerja keras yang diiringi doa.

    BalasHapus
  36. vespa emang keren bro...HIDUP VESPA.....kern yakin

    BalasHapus
  37. my sco is love ..aku punya pacar kedua vespa namanya bodinya bohai pinggulnya seksi

    BalasHapus